Arifin Ilham
Arifin Ilham @Orami

MALANGTODAY.NET – Di tengah memanasnya politik di Indonesia, kabar duka justru muncul. Kabar duka tersebut datang dari  Ustaz Arifin Ilham. Arifin dikabarkan meninggal dunia di Penang, Malaysia, 22 Mei 2019  pukul 23.40 waktu Penang. Kabar tersebut disiarkan oleh putra sulungnya, Muhammad Alvin Faiz melalui akun Instagram pribadinya.

“Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham .
Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin. insyaAllah secepatnya Abi dipulangkan dari malaysia dan dimakamkan di pesantren Azzikra gunung sindur bogor. Sekiranya jika ada salah kata atau perbuatan dari abi, mohon dibuka permintaan maaf sebesar besarnya. Ya Allah, jika ini yang terbaik, kami ikhlas ya Allah, kami ridho ya Allah,” tulis Alvin, Rabu (22/5/2019).

Meninggalnya ustaz yang identik dengan majelis zikir tersebut menyisakan beberapa kenangan. Ketika mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ramai diterpa isu penodaan agama, banyak orang termasuk muslim menghujat Ahok.

Menghadapi situasi itu, Arifin menyerukan kepada umat muslim agar tidak melakukan demikian. Menurutnya, seorang muslim tidak seharusnya berperilaku menghujat. Selain itu, Arifin juga menyerukan aksi damai. Ia menekankan agar umat muslim tak mudah terpancing provokasi.

Dilansir dari Kompas.com (23/5/2019), ustaz yang khas dengan suara serak ini pernah menyatakan dirinya untuk menjadi penjamin bagi tersangka kasus pembubuhan aksara arab di bendera merah putih.

Saat itu, Arifin Ilham meyakinkan penyidik bahwa pelaku akan kooperatif menjalani proses hukum. Dengan beberapa pertimbangan lain, penyidik akhirnya memberikan penangguhan penahanan kepada tersangka seperti dikutip dari Jawapos.com (24/1/2019).

Kabar Arifin Ilham kemudian muncul lagi ke publik kala ia jatuh sakit. Secara medis, ia dinyatakan mnenderita kanker getah bening dan kanker nasofaring stadium 4A. Perawatan medis pun ia jalanani baik di dalam maupun luar negeri.

Sempat dinyatakan sembuh dan bersih dari kanker, namun di awal tahun 2019 ia dikabarkan kembali jatuh sakit. Perawatan intensif ia jalani di Penang, Malaysia. Usaai menjalani perawatan, ia kembali ke tanah air dan harus istirahat total.

Namun, pada Selasa (21/5/2019) ustaz kelahiran Banjarmasin ini dikabarkan kritis. Kemudian pada esok harinya, Rabu (22/5/2019) pukul 23.40 waktu Penang ia dipanggil untuk berpulang ke pangkuan Allah SWT. Selamat jalan ustaz Arifin Ilham. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.