Pendaki sedang menuju Gunung Butak

KOTA MALANG – Suhu Malang yang mendingin ternyata tak membuat wisatawan khususnya pendaki mengurungkan niatnya untuk menyambangi gunung-gunung yang ada di Malang. Mereka seakan-akan justru tertantang untuk menikmati keindahan alam di gunung-gunung dengan suhu yang mendekati 0°C. Meski sudah menyiapkan diri dari batin dan fisik, pendaki perlu tetap waspada dengan hipotermia, flu, dan batuk yang dapat menyerang kapan saja.

Banyak gunung yang bisa diakses melalui Malang raya, mulai dari Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Panderman, Gunung Buthak, hingga Gunung Arjuno. Menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim ada gunung yang medannya berat, salah satunya Semeru dan Arjuno. ada pula yang mudah didaki seperti panderman, namun berapapun tingkat kesulitannya, persiapan matang wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan.

“Nah ini yang sering diremehkan pendaki. Pikirnya, alah nggak berat terus lalai nggak bawa baju hangat dan obat-obatan lengkap,” ujar Rochim.

Sebenarnya barang-barang apa aja sih yang wajib dibawa saat mendaki dengan cuaca seperti ini?

1. Sleeping Bag
Kantong tidur berbentuk kepompong ini wajib pakai banget untuk dibawa. Demi kenyamanan kualitas tidur dan kesehatan. Barang ini menjadi penghalang yang tepat untuk cuaca dingin.

2. Sarung Tangan dan Syal
Telapak tangan dan leher terbuka bisa bikin badan semriwing. Oleh karena itu bawalah sarung tangan untuk melindungi telapak tangan serta syal untuk melindungi leher maupun menutup daerah mulut. Tipsnya bawa 2 sarung tangan, untuk mendaki dan tidur.

3. Jaket Gunung Tebal
Jaket gunung bervariasi ada yang hanya tahan angin dan air, atau ada yang tahan angin saja. Nah, jaket ini biasanya digunakan saat mendaki. Namun saat cuaca mulai malam dan semakin dingin, pakailah jaket gunung tahan angin yang sedikit lebih tebal

4. Komix Herbal
Obat-obatan pribadi nggak boleh terlewat dong. Sediakan perlengkapan P3K di tas Anda terutama Komix Herbal. Karena cuaca dingin ini rawan flu dan batuk. Bahan-bahan herbal yang ada di dalamnya seperti ekstrak daun lagundi, Thymi herba, jahe merah, licorice, minyak peppermint hingga madu menjadikan Komix Herbal bisa jadi solusi untuk membantu meredakan batuk berdahak. Tak hanya krmasan sachet, saat ini tersedia juga kemasan tube yang lebih praktis.

5. Cokelat
kandungan cokelat bisa membantu tubuh untuk tetap hangat. konsumsilah cokelat saat cuaca dingin. Cokelat juga mampu mengurangi gejala hipotermia.

Pewarta: Rida Ayu
foto: dok JPRM
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.