JawaPos.com – Manchester United itu David de Gea. Ya, itulah yang sering menjadi sindiran pandit-pandit dengan De Gea sebagai tumpuan utama United. Tapi, begitu nama Dave –sapaan akrab De Gea– ’’menghilang’’, beban tersebut ada di pundak si manusia satu triliun Harry Maguire. Dia diharapkan bisa menjaga tuan rumah dari dipermalukan.

Banderol EUR 87 juta (Rp 1,37 triliun) Maguire sudah berkontribusi dalam membaiknya pertahanan United ketimbang musim lalu. Baru delapan gol yang menembus gawang De Gea dalam delapan matchweek pertama Premier League. Bandingkan dengan matchweek yang sama musim lalu hingga kemasukan 14 gol!

Bedanya, kali ini Maguire berjuang sendirian di Premier League. Tanpa De Gea. Apesnya, kondisi ini terjadi saat big match melawan Liverpool di Old Trafford, Manchester, malam nanti WIB (siaran langsung TVRI/Mola Web & App/Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 22.30 WIB).

’’Aku berharap Harry (Maguire) bisa menunjukkan kelasnya,’’ sebut tactician United Ole Gunnar Solskjaer dalam wawancara kepada MUTV. Bagi Harry, ini menjadi big match ketiganya di Old Trafford setelah mengalahkan Chelsea (11/8) dan ditahan Arsenal (1/10). ’’Dia semakin menjadi kekuatan utama pertahanan kami,’’ sambung Ole.

Seperti musim lalu, bek yang dijuluki Si Muka Besar semasa membela Leicester City itu selalu menjadi momok bagi pertahanan The Reds, julukan Liverpool. Tidak hanya membatasi pergerakan Mohamed Salah, Maguire juga membuyarkan tiga angka Jordan Henderson dkk di kandangnya, Anfield.

Catat, kemenangan saat itu menghentikan bulan madu Liverpool yang selalu menang di Anfield dalam laga domestik selama tiga bulan. Harapannya, kali ini Maguire pula yang sukses mengakhiri label Liverpool sebagai satu-satunya klub liga elite Eropa yang menyandang rekor selalu menang.

Spesialnya, ini kali pertama dua bek berbanderol termahal Premier League beradu. Maguire melawan Virgil van Dijk. Di Inggris, Van Dijk merupakan bek tengah termahal kedua dengan nilai EUR 85 juta (Rp 1,34 triliun). Nominal tersebut dikeluarkan The Reds, julukan Liverpool, saat memboyong Van Dijk dari Southampton pada bursa transfer Januari 2018.

Legenda bek United Gary Neville yang kini menjadi pandit Sky Sports ingin Maguire kali ini membuktikan bahwa dia memang didatangkan untuk mengopi taktik Liverpool. ’’Salah kalau saya saat ini menyebut tipe Harry berbeda dengan Van Dijk. Tapi, dia punya kesempatan untuk dapat menyamai Van Dijk. Sebab, dia punya kualitas itu. Tinggal bagaimana menunjukkannya,’’ ucap Neville.

Peran sebagai pembeda itulah satu-satunya yang belum dilakukan Maguire seperti Van Dijk. Musim ini VvD –inisial Van Dijk– sudah mencatat 1 gol dan 1 assists. Bukan cuma itu. Dari head-to-head teknis kedua pemain di Premier League, Van Dijk lebih bagus daripada Maguire. Kontribusi Van Dijk dalam bertahan lebih bagus ketimbang Maguire. Baik dari sisi jumlah tekel, blok, intersep, maupun rata-rata kesuksesan dalam duel udara musim ini.

Seperti dikutip dari data Daily Mail, selisihnya bahkan cukup jauh. Tekelnya 10 kali lebih banyak Van Dijk. Begitu pula persentase duel suksesnya. Maguire tak lebih dari 70 persen, sedangkan Van Dijk bisa mencapai 73,1 persen.

Terlepas dari komparasi itu, Van Dijk tak menganggap malam di Old Trafford ini spesial. ’’Banyak orang yang membahasnya. Tapi, kami tak ingin masuk keriuhan itu. Bagiku, ini tidak ada bedanya dengan laga-laga Premier League lainnya. Hanya, kami berharap mendapat kesenangan dari malam itu,’’ beber bek peraih award UEFA Men’s Player of the Year 2019 tersebut sebagaimana dilansir The Sun.

Perkiraan Pemain

Man United (4-2-3-1): 22-Romero (g); 29-Wan-Bissaka, 2-Lindelof, 5-Maguire, 18-Young (c); 39-McTominay, 31-Matic; 21-James, 8-Mata, 10-Rashford; 9-Martial
Pelatih: Ole Gunnar Solskajer

Liverpool (4-3-3): 1-Alisson (g); 66-Alexander-Arnold, 32-Matip, 4-Van Dijk, 26-Robertson; 14-Henderson (c), 3-Fabinho, 5-Wijnaldum; 11-Salah, 9-Firmino, 10-Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Wasit : Martin Atkinson
Stadion: Old Trafford, Manchester
Live : TVRI/Mola Web & App/Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 22.30 WIB
Asian Handicap: ¾ : 0

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.