Mahfud MD @Suratkabar

MALANGTODAY.NET – Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 perdana yang dihelat pada 17 Januari 2019 lalu masih menyisakan kritik dari berbagai kalangan. Salah satu kritik datang dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD.

Dilansir dari Detik.com, Senin (22/1/2019), Mahfud menilai masing-masing pasangan calon (paslon), belum menawarkan solusi selama debat Pilpres lalu. Ia menggarisbawahi pada isu korupsi yang menurutnya tak ada solusi yang ditawarkan dalam pemberantasan korupsi.

“Catatan kemarin dari masalah pemberantasan korupsi dan penegakan hukum tidak ada yang baru. Karena isunya dari periode ke periode itu saja, dari tahun 2004, 2009, 2014 sekarang itu lagi. Sehingga harapan baru untuk strategi baru saya belum lihat,”ujar Mahfud.

Khusus untuk paslon Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Mahfud mempertanyakan solusi yang diajukan oleh Jokowi sama sekali tidak menjawab permasalahan korupsi yang terlanjur membudaya. Menurutnya, pelaporan sama sekali bukan solusi karena terkadang tidak jalan dan tidak transparan sejak dulu.

“Sering mereka ‘bagaimana kalau begini pak, kan di tempat bapak ada mantan koruptor gimana?’. ‘Ya laporkan saja kepada pihak berwajib’. Kalau seperti itu semua juga bisa kalau laporkan tidak usah calon presiden. Kalau ada itu jangan hanya dikeluhkan, tapi laporkan. Itu saja. Tapi tidak pernah ada yang bisa jelaskan bagaimana bisa selesaikan permasalahan di polisi ini karena laporan itu kadang tidak jalan, sering tidak transparan sejak dulu,” beber Mahfud.

Ia juga mengkritik calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto, yang menurutnya juga tidak menawarkan hal baru. Salah satu yang disoroti adalah tentang cara menghimpun pakar untuk menyelesaikan tumpang tindih aturan.

“Prabowo dengan cara menghimpun pakar. Ini dilakukan sejak dari Pak Harto hingga sekarang, nggak ada yang baru. Yang membuat UU Keormasan itu pakar semua. Bahkan presiden manggil pakar kalau ada masalah. Saya sering dipanggil ke istana. Ini sudah dipakai, bukan yang baru,” tandasnya. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.