Lombok Gempa Lagi! Jangan Panik, Deteksi Dini dengan 5 Aplikasi Ini
Ilustrasi gempa © Istimewa

MALANGTODAY.NET – Gempa bumi yang mengguncang Provinsi Nusa Tenggara Barat akhir-akhir ini tentu meninggalkan duka yang sangat dalam. Selain itu, kekhawatiran akan bencana susulan juga menghantui masyarakat. Mengutip dari Kompas.com pada Selasa (7/8) berikut ini adalah 5 aplikasi yang dapat memberikan informasi saat gempa terjadi.

  1. Disaster Alert

Aplikasi ini dapat melacak zona bahaya suatu bencana alam, dari gempa bumi, tsunami, gunug meletus, badai, longsor, banjir, kebakaran hutan hingga persebaran virus di suatu wilayah. Aplikasi yang dikembangkan oleh Pasific Disaster Center (PDC) ini menggunakan platform DisasterAWARE yang juga dikembangkan oleh PDC. Disaster Alert akan memberikan notifikasi peringatan berdasarkan GPS perangkat kalian. Aplikasi ini sudah dapat diunduh di App Store dan Playstore.

Baca Juga: Selesai Sindir Ahmad Dhani, Kini Jrx SID Sibuk Galang Dana Untuk Lombok

  1. Info BMKG

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang diluncurkan resmi oleh Badan Pusat Meteorologi dan Geofisika (BMKG). Aplikasi ini akan akan memberikan peringatan jika gempa mengguncang wilayah di mana GPS kalian terlacak. Namun sayangnya, notifikasi ini hanya muncul jika dipicu oleh gempa berkekuatan lebih dari 5 skala richter. Notifikasi yang dikirim juga dilengkapi dengan jarak epicentrum pusat gempa dari lokasi pengguna. Selain notifikasi gempa, aplikasi ini juga bisa menunjukkan kondisi cuaca harian di wilayah kalian. Aplikasi ini dapat diunduh oleh pengguna iOS dan Android.

  1. QuakeFeed Earthquake Map, News, and Alert

Meski aplikasi ini hanya dapat mendetaksi gempa dengan magnitudo 1,0 skala richter di Amerika Serikat dan 4,5 skala richter di negara lain, aplikasi ini akan cukup membantu. Para pengguna bisa melihat kawasan Ring of Fire (daerah yang sering mengalami gempa bumi dan terkena letusan gunung berapi) dan mengetahui daftar gempa yang terjadi. Untuk melihat titik gempa, kalian bisa memperbesar tampilan peta yang ada. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia bagi  pengguna iOS.

Baca Juga: 5 Artis Muda Gemar Berpakaian Terbuka, Ada yang Masih 15 Tahun, Lho!

  1. QuakeAlert

Sejauh ini QuakeAlert masih menjalani tahap uji coba oleh Early Warning Labs dan baru bisa digunakan dalam versi beta di Amerika Serikat. Aplikasi ini tidak hanya menunjukkan notifikasi peringatan saat gempa terjadi melainkan juga petunjuk evakuasi mandiri dan petunjuk keselamatan lainnya.

  1. Safety Tips

Aplikasi ini khusus diperuntukkan bagi para turis di Jepang. Aplikasi ini akan memudahkan kalian dalam mengakses informasi terkait gempa, tsunami, dan gunung meletus. Seperti aplikasi lainnya, Safety Tips ini akan melacak GPS pengguna dan memberikan notifikasi jika terjadi gempa. Karena diperuntukkan bagi para turis, aplikasi ini tersedia dalam Bahasa Jepang, Inggris, Mandarin, dan Korea. Namun penduduk lokal juga dapan menggunakan aplikasi ini.

Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani