Presiden Joko Widodo @merahputih
Presiden Joko Widodo @merahputih

MALANGTODAY.NET – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menyetujui pindahnya ibu kota Indonesia ke luar Jawa. Keputusan itu diambil saat rapat terbatas (ratas) mengenai wacana perpindahan ibu kota. Uniknya, Jokowi juga libatankan netizen dalam menentukan letak ibu kota yang baru nanti.

Lewat akun Instagramnya @jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta ini bertanya kepada netizen untuk memilih daerah yang cocok sebagai ibu kota baru Indonesia.

“Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?,” tanyanya dalam unggahan, seperti dilansir dari Detik.com, pada Selasa (30/4/2019).

Jokowi mengatakan bahwa DKI Jakarta sebagai ibu kota memikul dua beban sekaligus. Dia juga menambahkan bahwa banyak negara sudah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negaranya masing-masing dengan memindahkan ibu kota. Misalnya, Malaysia, Korea Selatan, Brasil, dan Kazakhstan.

Menurutnya, wacana pemindahan ibu kota sudah ada sejak era Presiden Soekarno. Bahkan, setiap kepemimpinan yang baru selalu dibahas, tapi tidak pernah diputuskan dan direncanakan dengan matang.

“Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar,” tuisnya.

Mantan Wali Kota Solo ini pun menjadi yang pertama memutuskan mengenai pindahnya ibu kota Indonesia.

Sementara, keputusan pemindahan ibu kota ke luar Jawa merupakan satu dari tiga alternatif hasil kajian dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN?Bappenas).

Meski demikian, dalam ratas juga belum diputuskan mengenai daerah mana yang akan menjadi pengganti ibu kota baru. Lalu dibahas pula bagaimana nasib DKI Jakarta setelah tidak lagi menjadi ibu kota. Netizen ayo beri masukan, ya! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.