Baru Seminggu Diresmikan, Lereng Jalan Tol Salatiga Runtuh!
Ilustrasi jalan tol Salatiga - Kartasura @Suara Merdeka

MALANGTODAY.NET – Pekan lalu, tepatnya 20 Desember 2018, Jalan Tol Salatiga – Kartasura diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Namun baru seminggu beroperasi, lereng di sepanjang tepian ruas jalan tol dikabarkan runtuh.

Dilansir dari Tempo.co, Kamis (27/12/2018), lereng Jalan Tol Salatiga – Kartasura km 489 itu runtuh. Menurut juru bicara PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, keruntuhan tersebut disebabkan oleh hujan yang mengguyur daerah itu dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya, lereng runtuh karena tergerus air hujan.

“Badan jalan masih utuh hanya guard rail turun. Panjangnya (kerusakan) 20 meter dan sudah diperbaiki,” terang Dwimawan.

Sementara ini, jalan tol tersebut masih bisa digunakan oleh pengguna dengan menggunakan sistem satu lajur. Lajur lainnya digunakan untuk pekerjaan perbaikan. Dwimawan memperkirakan waktu pengerjaan kerusakan akibat lereng runtuh ini memakan waktu maksimal empat hari.

Jalan Tol Salatiga – Kartasura merupakan salah satu Tol Trans Jawa yang diresmikan oleh Jokowi pada 20 Desember 2018 lalu. Peresmian ini dilangsungkan di Jembatan Kali Kuto yang akan dijadikan sebagai ikon jalan Tol Trans Jawa.

Dwimawan berharap diresmikannya Tol Trans Jawa ini dapat mendukung mobilitas masyarakat, barang, dan jasa di Pulau Jawa. Tol sepanjang 933 kilometer yang membentang dari Merak – Grati ini diprediksi dapat mengurai kepadatan Jalur Pantura yang selama ini menjadi satu-satunya akses yang dapat menjangkau daerah-daerah di Jawa.


Penulis : Radea Hafidh
Editor : Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.