Lawan Freeport, Indonesia Tak Perlu Takut
Ilustrasi Perusahaan Tambang Freeport Indonesia @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Penolakan PT Freeport Indonesia atas Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 yang mewajibkan perusahaan tambang Kontrak Karya (KK) beralih pada Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) masih terus bergulir. Bahkan santer diperdengarkan, perusahaan yang beroperasi di Mimika Papua ini akan membawa kasus tersebut hingga pada ranah arbitrase.

Menanggapi itu, Anggota Komisi VII Fraksi Hanura Muchtar Tompo pun angkat bicara. Seperti dilansir MalangTODAY.net dari Okezone, dia mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia tak perlu takut dengan ancaman yang diberikan oleh Freeport. Namun langkah yang perlu dilakukan adalah tetap pada prinsip dan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan.

“Freeport ini Nakal. Dikasih hati mau Jantung,” ungkapnya seperti dikutip Okezone.

Dia menyebutkan, Freeport sangat sering melakukan ancaman serupa karena merasa dirinya sangat dibutuhkan. Sehingga pemerintah tak perlu memberi apa yang diinginkan perusahaan tambang tersebut. Karena jika tidak, maka Indonesia akan kembali dipermalukan.

“Pemerintah jangan takut, harus siap,” tambahnya.

Menurutnya, DPR pasti akan turut menyelesaikan permasalahan tersebut. Sementara pemerintah harus mempersiapkan perusahaan lain yang bisa diajak bekerjasama mengelola emas di Papua.

“Tentunya untuk kesejahteraan masyarakat Papua, dan kedaulatan bangsa pastinya,” tutupnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here