KPU Beri Bocoran Soal Debat Pilpres, Kubu Prabowo: Pura-pura Pemilu!
Juru bicara BPN Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Ferdinand Hutahean @Warta Kota

MALANGTODAY.NET – Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan bocoran soal pada masing-masing pasangan calon (paslon) dalam debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 menuai kritikan tajam dari kubu oposisi, Prabowo Subianto.

Dilansir dari CNN Indonesia, Senin (7/1/2019), kubu Prabowo dengan tegas menyebut bahwa keputusan KPU telah merendahkan kualitas Pemilihan Umum (Pemilu). Hal ini disampaikan oleh juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Ferdinand Hutahean.

Baca Juga  KPU Kabupaten Malang Mulai Susun DCS, 20 Bacaleg Gugur

“Debat, itu semangat dasarnya untuk menguji wawasan para kandidat, penguasaannya terhadap isu yang akan didebatkan kalau pertanyaannya sudah dibocorkan tidak ada gunanya debat,” kata Ferdinand yang juga merupakan politikus Partai Demokrat.

Ferdinand bahkan tanpa segan menyebut bahwa KPU tidak netral dan menunjukkan keberpihakannya pada paslon Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Baginya, Pemilu kali ini tak lebih sebagai dagelan yang nanti tujuannya adalah melegitimasi kemenangan paslon nomor urut 01 itu.

“Ini namanya pura-pura Pemilu, tujuannya untuk melegitimasi kemenangan. Lebih dari lawakan,” imbuhnya.

Namun hal berbeda disampaikan oleh pakar komunikasi politik, Emrus Sihombing. Menurutnya, hal ini justru dinilai sebagai salah satu terobosan baik yang dilakukan oleh KPU. Meski demikian, ia menyayangkan keputusan mendadak itu yang harusnya dirumuskan lebih dulu dalam Undang-undang.

Baca Juga  Beli Saham Klub Eropa, Yusuf Mansur Ikuti Erick Thohir

“KPU mengumumkannya last minutes, ini harusnya dilakukan sejak dulu-dulu. Harusnya jangan last minutes. Bahkan, itu sebaiknya dimuat dalam bentuk Undang-undang,” kata Emrus.

Emrus bahkan memuji langkah KPU ini sebagai ide cemerlang. Hal ini karena debat Pilpres tak seperti tes masuk pegawai negeri yang diuji berdasarkan pengetahuan. Dalam debat, yang terpenting adalah bagaimana leadership masing-masing paslon diperlihatkan.


Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.