MALANGTODAY.NET – Peran aktif TNI AD khususnya Korem 083/Baladhika Jaya dalam mewujudkan program pemerintah menuju swasembada pangan ditunjukkan secara nyata oleh Komandan Korem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Wachid Apriliyanto dengan meninjau langsung ke wilayah yang berada di Kabupaten Malang. Turut  hadir mendampingi dalam kegiatan tersebut Komandan Kodim 0818/Kab. Malang-Batu Letkol Arm Muridan beserta staf terkait, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malang Kepala  Sub Divre Bulog Kabupaten Malang Bapak Arsad.

Sasaran hari ini mengagendakan pada empat lokasi yaitu Kecamatan Turen, Dampit, Tajinan dan Pakisaji. Perbaikan irigasi sekunder yang berada di Desa Undakan Kecamatan Turen menjadi lokasi pertama kunjungannya. Proses pengerukan dan pelebaran saluran irigasi tersebut menggunakan alat berat agar cepat diselesaikan dan manfaatnya dapat segera dirasakan oleh petani. Hal ini juga menjadi harapan yang disampaikan oleh perwakilan Gapoktan agar keberadaan alat tersebut menuntaskan perbaikan irigasi yang menjadi dambaan para petani disana.

Untuk dua lokasi berikutnya yang menjadi jujugan peninjauannya yaitu di Kecamatan Dampit yang berada di Desa Jambangan dan Kecamatan Tajinan di Desa Tambakasri.

Di Desa Jambangan, Kecamatan Dampit Komandan Korem 083/Baladhika Jaya beserta rombongan melaksanakan panen padi bersama dengan perangkat desa setempat. Sedangkan warga masyarakat  di Desa Tambakasri Kecamatan Tajinan nampak antusias dalam menyambut kedatangan rombongan ke wilayah mereka. Terlebih ketika Komandan Korem 083/Baladhika Jaya  dan Muspika setempat diberikan kesempatan untuk mencoba menanam bibit padi pada lahan yang telah diolah di Desa Tambakasri. Selain itu juga mencoba untuk mengoperasikan handtractor yang digunakan untuk mengolah tanah.

Program Ketahanan Pangan yang di dengungkan oleh Pemerintah Pusat merupakan upaya dalam meningkatkan produktifitas pertanian. Mengingat pentingnya kebutuhan pangan tersebut, Korem 083/Baladhika Jaya bersama jajarannya berupaya untuk mendorong dan menggugah semangat seluruh lapisan masyarakat, bersama-sama dengan Pemerintah Daerah, Dinas Pertanian serta berbagai pihak pelaku pertanian untuk meningkatkan produktifitas pangan hasil pertanian. Semua itu dilakukan untuk memperkuat ketahanan pangan guna mencapai kemandirian pangan yang mustahil dapat terwujud tanpa peran serta dari para petani.  Karena itulah, pemerintah berupaya terus menerus menerapkan berbagai kebijakan yang berpihak pada para petani. Kebijakan itu antara lain kerjasama dengan TNI untuk mempercepat program Swasembada Pangan.

Pada acara tatap muka dengan petani, Camat Dampit menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Kolonel Inf Wachid Apriliyanto beserta jajarannya untuk mengunjungi wilayahnya dan mendengarkan saran pendapat warganya dalam hal pertanian. Kemudian, kunjungan diakhiri dengan meninjau persediaan pangan di gedung Bulog sub divre di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji.(del)

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda