MALANG – Saat ini perkembangan gim offline maupun online serta jumlah gamers tumbuh signifikan. Kondisi tersebut memunculkan penyakit baru dalam bentuk adiksi terhadap gim, yaitu gaming disorder.

Dilatarbelakangi oleh adanya sebuah kasus viral seorang Ibu yang dikenai charge Rp 12 juta karena anaknya ketagihan bermain gim Mobile Legend dan membeli keperluan di gim online yang berbayar tersebut.

Dr. Rizal, Kepala Klinik Mahakam, mengatakan gaming disorder rentan menjangkiti anak-anak, karena itu diperlukan sosialisasi dalam bentuk seminar yang digelar hari ini (13/7) di Hotel Savana. Ia menuturkan, seminar tersebut hadir sebagai sarana sharing kepada klinisi lain mengenai penyakit adiksi gim.

“Kita bisa sharing dengan masyarakat bahwa saat ini sudah muncul penyakit baru akibat ketagihan gim. Bisa disebut gaming disorder ketika anak diberikan gadget lalu dipakai lama untuk nge-game dalam durasi yang tidak wajar, berjam-jam,” ungkap Dr. Rizal saat ditemui radarmalang.id pagi tadi (13/7).

Dr. Rizal menambahkan, bahwa gaming disorder ini telah masuk ke kode penyakit adiksi ICD-11. Maka dari itu, tujuan dari diadakannya seminar gaming disorder ini untuk memberikan literasi kepada baik klinisi, dokter, psikolog hingga ke masyarakat.

“Kita harus tahu sampai batas mana efek positif dari gaming, mana yang sudah masuk efek negatifnya. Apakah ketika anak diambil gadgetnya lalu marah, atau nangis, nah itu kita bisa teliti apa itu sudah masuk adiksi,” imbuhnya.

Seminar Gaming Disorder yang diselenggarakan di ruang konferensi Pinus di Hotel Savana, Malang ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang, meliputi dokter, psikolog, dan klinisi kesehatan dari Riau hingga Sulawesi.

“Alhamdulillah dokter SPKJ dari Riau, sama psikolog dari Sulawesi datang jauh-jauh ke Malang untuk seminar ini. Sebagai pribadi, saya ingin share ke masyarakat, dan bisa memberikan bahan literasi atau riset kepada para psikolog, dokter maupun klinisi,” ungkap Dr. Rizal.

Selain seminar, Klinik Mahakam juga mengadakan workshop kepada klinisi tentang terapi game disorder dan masyarakat awam mengenai parenting skill sebagai sarana edukasi.

Klinik Mahakam juga bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Jiwa Indonesia (PDJI) dan Ikatan Dokter Indonesia, sehingga acara yang diadakan ini telah tersertifikasi.

“Ke depan saya ingin share lebih detail lagi tentang penyakit adiksi gim ini ke anak-anak sekolah di SMP, SMA, sampai kampus,” pungkasnya.

Pewarta: Elsa Yuni Kartika
Foto: Elsa Yuni Kartika
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.