Ketua MPR Serukan Perdamaian Bobotoh-Jackmania
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat melayat ke rumah duka, Ricko Andrean. (Instagram/Zulkifli Hasan)

MALANGTODAY.NET –  Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyerukan perdamaian antar suporter Bobotoh dengan Jakmania usai seorang pendukung Persib, Ricko Andrean Maulana, tewas setelah dikeroyok pada Sabtu (22/7).

“Mudaa-mudahan dengan apa yang kita alami menjadi pesan bagi seluruh suporter, klub manapun, bobotoh, Jakmania, Surabaya dan lain-lain,” ujar Zulkifli saat melayat ke rumah duka Ricko Andrean, di Jalan Jembar, Kelurahan Cibeunying Kidul, Kecamatan Cicadas, Kota Bandung, Sabtu (29/7).

Menurutnya, pertikaian antar suporter sudah harus dihentikan dan jangan ada lagi korban yang berjatuhan. Meninggalnya Ricko harus menjadi titik awal untuk memulai perdamaian suporter demi kemajuan sepakbola Indonesia.

“Mari kita akhiri permusuhan antar suporter klub bola manapun, boleh beruforia, boleh bergembira, boleh fanatik tapi hentikan kerusuhan, hentikan permusuhan. Mari kita kerek tinggi-tinggi bendera perdamaian,” katanya seperti dilansir dari Antara.

Untuk memulai langkah tersebut, ia akan mendatangi beberapa kelompok suporter yang bertikai dan mengajak mereka untuk bersama-sama menyatakan satu suara perdamaian.

“Saya akan ke klub lain untuk mengimbau hal yang sama. Dari bobotoh juga tadi menyampaikan ingin hal yang sama, ingin damai,” ujarnya.

Sebelumnya, Ricko menjalani bulan-bulanan oknum suporter Persib yang mengira bahwa korban merupakan Jakmania. Padahal, Ricko merupakan bobotoh sejati yang saat itu hendak menyelamatkan seseorang yang tengah dipukuli.

Ricko mengalami sejumlah luka di seluruh bagian tubuhnya dan mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Santo Yusuf. Selang beberapa hari dirawat, anak ketujuh dari tujuh orang bersaudara tersebut menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (27/7).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here