Ekonomi di Era Jokowi Maju atau Terpuruk? Ini Kata Pengamat!
Era Jokowi, ekonomi Indonesia maju atau mundur? @Bloomberg

MALANGTODAY.NET – Beberapa waktu lalu, sempat mencuat kabar pemindahan ibu kota negara. Namun, tak berapa lama kemudian, kabar itu tenggelam. Kini, kabar pemindahan ibu kota muncul lagi karena presiden Jokowi mengadakan rapat mengenai tindak lanjut pemindahan ibu kota negara di Kantor Presiden, Senin (29/4/2019).

Jokowi mengungkapkan pemindahan ibu kota bukanlah suatu hal mudah. Perencanaan matang adalah salah satu kuncinya. Ia juga tak yakin apakah kedepan Jakarta masih kuat menopang pusat pemerintahan dan pusat perekonomian rakyat.

Beberapa persiapan yang akan dimatangkan yakni dari segi geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrsatruktur. Menurutnya, gagasan besar ini harus diimbangi dengan perencanaan yang matang pula.

“Tapi saya meyakini, insyaallah kalau dari awal kita persiapan dengan baik maka gagasan besar ini akan bisa kita wujudkan,” ujar Jokowi dalam rapatnya dilansir dari CNN Indonesia (29/4/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menekankan kepada semua pihak agar turut memikirkan masa depan bangsa. Salah satunya yakni dengan memikirkan lokasi pemerintahan yang baru.

“Jadi sekali lagi kami ingin berpikir visioner untuk kemajuan negara ini,” pungkasnya.

Lebih lanjut, alumni UGM ini menginginkan agar rencana ini tak hanya berujung pada rencana belaka. Pasalnya, rencana pemindahan ibu kota ini sudah muncul bahkan sejak era pemerintahan Presiden Soekarno namun belum terealisasi.

“Tapi wacana ini timbul tenggelam karena tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang,” pungkasnya. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.