MALANGTODAY.NET– Bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (H.C) dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Jumat (10/11).

Latar belakang ITS memberikan gelar tersebut karena kompetensi Menteri Susi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) khusunya bidang perikanan dan kelautan.

“Kami melihat bu Susi sebagai orang yang kompeten di bidangnya, khususnya dalam proses mengelola sumber daya perikanan dan kelautan,” ujar Rektor ITS Joni Hermawan seperti dikutip dari laman detik.com.

Dalam pidatonya Menteri Susi menceritakan keberhasilan program yang sudah dijalankan. Ia meyakinkan semua itu dilakukan demi kesejahteraan serta kemakmuran rakyat Indonesia, khusnya sumber daya ikan sesuai dengan amanat Undang-Udang Dasar (UUD) 1945 Pasal 33 ayat 3.

“Sudah saatnya kita praktekkan pasal 33 UUD 1945 ayat 3. Dimana secara jelas disebutkan bahwa Sumber Daya Alam hanya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia”. ujar Susi dibarengi dengan tepuk tangan meriah para hadirin.

Susi menegaskan bahwa semakin Sumber Daya Alam diatur maka memberikan kesempatan kepada sumber daya itu untuk memperbarui dirinya, sehingga semakin produktif.

“Semakin diatur hasil alam itu akan semakin produktif sumber daya ikan kita. Karena kita memberikan waktu kepada mereka untuk recovery, memberbarui dan beranak pinak,” terang Susi.

Perlu kita ketahui, gelar Honoris Causa (H.C) adalah sebuah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi atau universitas yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang tersebut perlu untuk mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya tersebut.

Gelar Honoris Causa dapat diberikan bila seseorang telah dianggap berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia. (end)

Loading...