Anggota DPR Kerap Absen Jelang Pilpres, Ketua DPR: Harap Maklum
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo @ Rmol

MALANGTODAY.NET – Fenomena anggota DPR yang semakin jarang hadir ‘ngantor’ ke parlemen kian menjadi sorotan publik. Menanggapi hal itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta masyarakat untuk memaklumi hal tersebut.

Menurut Bambang, para anggota DPR saat ini juga sedang fokus menjalankan tugas mempersiapkan dan menyukseskan Pemilu 2019. Ketua DPR ini mengatakan jika hal tersebut juga merupakan salah satu tugas negara.

“Pada saat yang bersamaan para politisi pun diberi ruang dan waktu untuk melakukan persiapan pileg 2019, jadi kalau dua bulan nanti menjelang pileg pilpres ruang-ruang di DPR agak sedikit berkurang (…) Bukan tak rajin, tetapi mereka sedang menjalankan tugas negara,” dalih Ketua DPR Bambang Soesatyo dikutip dari Merdeka.com, Senin (24/12/2018).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan jika kerja DPR berbeda dari pekerja pabrik atau perkantoran. Sehingga, menurut Bamsoet lingkup dan lingkungan kerja para anggotanya begitu luas dan tidak diharuskan dilakukan di kantor parlemen.

“Karena DPR bukan pabrik, bukan kantoran tetapi DPR adalah ruang politik, sehingga mereka tempat bekerja walaupun tidak ada di ruang ruang rapat DPR RI, menjelang pemilu 2019,” bebernya.

Di sisi lain, Laporan dari peneliti Formappi, Lucius Karius mengatakan jika kinerja DPR RI periode 2014-2019 di sepanjang tahun 2018 merupakan periode terburuk pasca reformasi.

“Catatan kami selama 2018, ada 5 masa sidang yang dilewati DPR tapi nyaris selama masa itu tidak ada DPR bisa menunjukkan tingkat produktivitas (…) DPR yang malas kerja, yang hasilkan sedikit UU yang mereka berhasil sahkan. Ini berbanding terbalik dengan rencana mereka setiap tahun yang bombastis. Di 2018 ada 50 RUU, hanya ada 5 UU yang disahkan,” beber Lucius Karus dikutip dari Kumparan.com, Senin (24/12/2018).


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.