Ilustrasi kedua paslon Pilpres 2019 @tribunnews
Ilustrasi kedua paslon Pilpres 2019 @tribunnews

MALANGTODAY.NET – Masa tenang pemilihan umum (Pemilu) 2019 sudah berlangsung. Selama tiga hari ke depan, 14 – 16  April, masyarakat dilarang berkampanye dalam bentuk apapun dan di manapun; termasuk para calon presiden dan wakilnya. Lalu apa yang akan dilakukan oleh Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan Paslon 02 Prabowo-Sandiaga Uno dalam masa tenang ini? Yuk simak kegiatan mereka berikut ini!

Dalam masa tenang ini, Capres Jokowi akan melakukan umrah ke Tanah Suci Mekkah. Hal ini dia ungkap pasca-melakukan debat kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019) malam. Melalui anggukan kepala presiden petahana ini, Jokowi ingin lebih khidmat di masa tenang kali ini.

Selain itu, Jokowi mengatakan masa tenang pemilu tidak boleh diisi dengan kegiatan yang aneh-aneh. “Ya tenang dong; yang namanya masa tenang kita harus nggak usah aneh-aneh, rame-rame, ya, tenang,” ucapnya seperti dikutip dari dari Detiknews, Minggu (14/4/2019).

Senada dengan Jokowi, Cawapres 02 Sandiaga Uno juga akan terbang ke Tanah Suci untuk melaksanakan umrah. Dia merasa bahwa usahanya selama ini sudah dilakukan dengan maksimal, sehingga di masa tenang ini, dirinya ingin memasrahkan semuanya kepada Tuhan yang Mahakuasa.

“Setelah ini, rencananya akan umrah dan tentunya beribadah. Ikhtiar manusia sudah maksimal, tentunya optimal kami kerjakan, sekarang kita harap kepada jalan dari Allah, ridho Allah itu yang jadi fokus kita,” ucapnya.

Memilih Olahraga dan Keluarga

Berbeda dengan Jokowi dan Sandiaga Uno, kegiatan Capres 02 Prabowo Subianto di masa tenang kali ini lebih banyak dimanfaatkan untuk menghadiri acara pernikahan dan berolahraga. Prabowo mengatakan kalau ada sejumlah acara pernikahan, salah satunya dari anak buahnya.

Selain ke acara pernikahan, Prabowo juga akan lebih giat berolahraga agar tidak stres.

“Besok menghadiri kawinan, ada anak buah yang kawin. Habis itu masih banyak lagi acara begitu. Olahraga juga, kalau tidak olahraga, stres,” ucapnya seperti dikutip dari Tempo.co.

Sementara Cawapres 01 Kiai H Ma’ruf Amin memilih untuk bercengkerama dengan keluarga di masa tenang pemilu 2019. Dirinya mengaku sudah cukup lama meninggalkan keluarga selama masa kampanye. “Saya mau istirahat, kan sudah sekian lama kita muter kayak jarum super, jarum super itu (kepanjangan dari) jarang di rumah suka pergi,” ujarnya.

Selama masa tenang berlangsung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tim pemenangan masing-masing calon presiden dan wakilnya dilarang berkampanye dalam bentuk apapun.

“Harapan kami penyelenggaraan debat dan masa kampanye dapat menjadi referensi bagi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman dalam pidato penutupan debat kelima di Hotel Sultan, Jakarta pada Sabtu malam. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.