Kelompok Ini Dukung Jokowi di Pilpres Karena Sandiaga, Kenapa?
Sandiaga Uno saat memeragakan silat khas Betawi @Detik

MALANGTODAY.NET – Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kembali menyisakan drama baru. Terkini, Forum Betawi Rempug (FBR) menyatakan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 01, Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Hal ini cukup menarik perhatian mengingat lima tahun yang lalu, kelompok ini mendukung Prabowo Subianto saat bersama Hatta Rajasa. Kira-kira apa penyebabnya?

Dilansir dari DetikNews, Minggu (10/3/2019), perpindahan dukungan FBR ini turut menyeret calon wakil presiden (cawapres) Prabowo saat ini, Sandiaga Uno. Sandi dinilai menjadi biang kerok lantaran tidak memperhatikan kebudayaan DKI Jakarta saat masih menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Saat 2014, kita ke Prabowo – Hatta ya dan kedua ke Bang Sandi all-out, bahkan sampai secara resmi kami menurunkan 4.280 orang saksi waktu Pilkada DKI. Cuma kemudian, begitu kita cermati tidak ada, kuranglah kepeduliannya terhadap Betawi. Kita pun harus mencari dong siapa rekam jejaknya yang memang layak untuk kita dukung, asalkan kepentingan masyarakat Betawi bisa diakomodir. Itu kemudian kenapa kami beralih dukungan,” tutur Ketua Umum FBR, Lutfi Hakim.

Sebagai perbandingan, Lutfi mengaku bahwa Jokowi semasa masih memimpin DKI Jakarta dinilai menunjukkan kepedulian kepada masyarakat Betawi. Sementara Prabowo disebut belum bisa membuktikan kepeduliannya lantaran belum pernah sekalipun menjabat sebagai gubernur atau presiden.

Selain itu, Lutfi menjelaskan bahwa di bawah kepemimpinan Anies Baswedan dan Sandiaga, Perda Nomor 4 tahun 2015 tentang Pelestarian dan Kebudayaan Betawi terkesan belum diimplementasikan secara total.ia menyebut Anies – Sandi setengah hati.

“Padahal Jokowi tidak pernah kita kasih gelar ‘Abang’. Anies-Sandi-lah yang kita kasih gelar ‘Abang Betawi’ tapi kepeduliannya kepada masyarakat Betawi itu masih setengah hati,” imbuhnya.

Apakah keputusan FBR pindah haluan akan memukul suara Prabowo – Sandi? Kita nantikan saja. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.