PAKIS – Situs Sekaran yang berada di Desa Sekaran, Kecamatan Pakis, telah tuntas diekskavasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Saat ini pihaknya sedang mencari siapa yang berminat mengelola situs yang diperkirakan peninggalan zaman pra-Kerajaan Singhasari itu.

Sebelumnya situs itu didengungkan bakal dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Malang, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang. Namun, sepertinya belum terealisasi.

”Penggalian awal situs Sekaran oleh BPCB sudah tuntas, hanya tinggal menunggu hasil penelitian dari Balai Arkeologi (Balar),” kata Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Andi Muhammad Said kemarin.

Dia berharap situs yang berada di km 38 ruas tol di seksi V (Pakis–Madyopuro) itu segera diperjelas siapa yang akan mengelolanya. Sebab, menurut dia, jika dibiarkan bangunan itu akan rusak dan lapuk. ”Apalagi saat musim hujan seperti kemarin (bulan lalu),” imbuhnya.

Selain kepada Disparbud Kabupaten Malang, Andi juga menyarankan situs tersebut dikelola dinas pekerjaan umum bina marga, dalam hal ini PT Jasa Marga Pandaan–Malang (JPM). ”Namun, mereka menolak. Alasannya karena tidak memiliki tenaga yang mumpuni (merawat situs),” katanya.

Saat ini, pihaknya sudah menjadwalkan bertemu dan duduk bersama dengan Disparbud Kabupaten Malang dan PT JPM membicarakan masa depan Sekaran.

Sebab, menurut Andi, jika tidak segera ditindaklanjuti, maka seiring waktu dan seiring pergantian pejabat terkait, maka situs Sekaran bakal hilang kembali jejaknya hingga akhirnya dilupakan. ”Setelah ketemu siapa yang akan mengelola nanti, baru kami berbicara ke depannya mau diapain,” ujarnya.

Namun, meskipun nantinya sudah ditentukan siapa pengelola situs Sekaran, Andi menegaskan bahwa BPCB tidak akan lepas tangan begitu saja.

Sebaliknya, pihaknya mengaku akan tetap berperan sebagai pendamping secara teknis. ”Jadi, pastinya kami tidak akan lepas tangan,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara SH MSi mengaku siap bertemu dengan General Manager Teknik PT Jasa Marga Pandaan–Malang M. Jajuli untuk membahas terkait hibah situs Sekaran kepada Pemkab Malang.

”Kalau memang situs Sekaran nantinya akan dihibahkan kepada kami (Pemkab Malang) murni tanpa syarat, kami siap menerima.

Asalkan juga harus dibantu dengan BPCB dalam pengelolaannya. Teknis hibahnya seperti apa pastinya nanti akan dibahas dalam pertemuan itu,” tandas Made.

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.