MALANGTODAY.NET – Laboraturium Puskesmas Dinoyo selain memiliki fasilitas medical check up (MCU) yang terlengkap di Kota Malang, juga super kreatif dan kekinian. Misalnya saja pada layanan cek golongan darah, Puskesmas Dinoyo punya kartu hasil cek golongan darah yang tak biasa.

Selain mencantumkan bercak darah, kartu yang dinamai Golongan Darah Berkarakter tersebut juga menempelkan foto diri pemilik darah. Sehingga bentuknya hampir mirip seperti kartu tanda pengenal.

“Ini nggak ada loh di tempat lain. Di Jawa Timur bahkan satu-satunya cuma ada di sini. Kami memang suka bikin sesuatu yang beda dari yang lain,” ujar Koordinator Laboratorium Puskesmas Dinoyo, Budi Ari Bowo, Amd.Ak.

Dikatakan Budi inovasi ini muncul kala waktu itu ada seorang mahasiswa yang melakukan cek golongan darah di Puskesmas Dinoyo namun mengeluhkan fisik kartu. Mahasiswa yang ia ceritakannya itu sambat lantaran wujud kartu dinilai jelek dan tidak menarik.

“Dari situ saya mikir gimana caranya ya biar anak milenial itu tetap tertarik cek golongan darah di Puskesmas Dinoyo. Ya namanya hidup kan harus berevolusi, jadi akhirnya muncul ide bikin kartu dengan identitas lengkap, foto, dan bercak darahnya juga,” cerita Budi.

Deskripsi kartu ini dibagian atas kiri, foto pemilik golongan darah berukuran 3×4 terpajang dengan tulisan jenis golongan darah, nama, alamat, dan tempat tanggal lahir disebelahnya. Di bagian bawah tercantum 4 sample darah yang telah diberi larutan pendeteksi golongan darah. Untuk menjaga agar darah yang infeksius agar tidak membahayakan, Budi melaminating kartu tersebut dengan rapi.

“Ini kami punya alat laminating sendiri, jadi begitu jadi langsung kami laminating. Respons masyarakat baik. Semakin banyak yang cek golongan darah di sini,” tambah dia.

Dengan adanya inovasi ini, Puskesmas Dinoyo berhasil mengubah paradigma hasil tes golongan darah yang biasanya kertasnya harus dibuang, kini bisa disimpan. Kartu tersebut dijamin tidak infeksius karena laminating yang rapat, bisa disimpan di dompet dan dijadikan seperti kartu identitas.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Rida Ayu

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.