KOTA MALANG – Program studi Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang memang baru berusia dua tahun.

Meski begitu, prodi tersebut saat ini tengah ancang-ancang menerapkan kurikulum berstandar internasional.

Salah satunya dengan mendatangkan seorang expert di bidang pengembangan kurikulum dan pedagogi bahasa Inggris, yakni Dr Phil Michael Nader. Pria asal Jerman itu bakal berada di UIN Maliki Malang sebulan ke depan.

“Kami memang sengaja mendatangkan expert dari luar tersebut untuk mendukung usaha kampus mendapat International Recognization (Pengakuan secara international) sekaligus meng-upgrade kurikulum kami,” ujar Ketua Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Dr H Langgeng Budianto, M.P.

Dikatakannya, Nader nantinya bakal mengobservasi kurikulum yang dituangkan pada silabus yang telah dibuat masing-masing dosen pengajar PBI.

“Dia bakal observe ke kelas-kelas bagaimana cara pengajaran dosen di sini. Apakah sesuai silabus pengajaran yang telah dibuat. Implementasinya apakah sudah cocok dengan yang tertulis disilabus. Dia seperti supervisor di sini,” tutur Langgeng.

Expert yang pernah menjadi dosen di Mainz University ini, sambung Langgeng, akan memberikan saran-saran ke jurusan jika ada cara pengajaran yang musti ditingkatkan. “Ya kita akulturasi. Jadi kalau selama observasi ada masukan untuk meningkatkan kurikulum, ya kami akan terima. Lalu menggabungkannya dengan apa yang sudah ada di kurikulum kami,” kata Langgeng.

Jadi, setelah sebulan ke depan tepatnya pada tanggal 24 Septermber, Langgeng berharap, akan muncul outpun yang bagus.

“Jadi harapannya kurikulum kami ini standarnya sudah tidak lokal, tapi International based Curriculum (Kurikulum berstandar International),” pungkasnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor : Indra M

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.