MALANGTODAY.NET – Sentani adalah nama lain dari Kabupaten Jayapura. Jarak tempuh dari Kota Jayapura sendiri ke Sentani memakan waktu sekitar 45 menit – 1 jam.

Kota Sentani terletak di bawa kaki gunung CYCLOOP Jayapura (Papua), sentani sendiri adalah kota mandya dari kabupaten jayapura.

Sentani juga menjadi pusat terminal bandar udara kabupaten jayapura,bandar udara satu-satunya yang ada di kota jayapura hanya di sentani dan bandara sentani telah masuk dalam kategori bandara internasional di papua.

Tidak hanya sampai di situ saja sentani juga terkenal dengan pemandang yang cukup indah.

Ketika anda berada di pesawat dalam pernerbangan menujuh jayapura anda akan di suguhkan dengan pemandangan danau sentani yang cukup indah dan gunung-gunung yang membentang luas dari atas ketinggian.

Bagi anda para wisatawan yang akan berkunjung ke sentani anda akan merasa ketagihan dan tidak akan bosan dengan pesona alam yang tersuguhkan secara alami. Selain itu, sentani juga banyak memiliki nilai historis sejarah yang tidak di dapatkan di daerah-daerah lain di indonesia.Tapi sangat di sayangkan, potensi wisata alam dan wisata sejarah di sentani jarang terpublikasikan,dan para wisatawan yang berkunjung ke sana hanya tahu sosok sentani dari mulut ke mulut saja. Dan juga tidak banyak stasiun Tv dan mendia masa yang memplublickasaikan keindahan alam sentani.

Ada beberapa destinasi wisata yang wajib untuk anda kunjungi bila anda di sana:

1.Danau Sentani

Danau yang luasnya mencapai 9.360 hektar ini merupakan danau terbesar di papua.

Danau ini juga menawarkan keindahan yang cukup luar bisa.Di dalamnya juga di hiyasi dengan kurang lebih 21 pulau.

Jika anda berkunjung pada pertengahan bulan juli makan anda akan di suguhkan dengan Festifal Danau Sentani.

Ketika festifal berlangsung tempat ini akan di penuhi oleh wisatawan lokal mau pun mancan negara yang menyaksikan pertujukan budaya setempat.

Jika anda beruntung, maka anda akan menemukan momen menarik pada upacara adat yaitu masyarakat setempat akan memanggil buaya putih yang konon katanya adalah titisan moyang suku-suku pesisir danau sentani.

danau-sentani

2.Danau Love

Danau yang satu ini terletak di Kampung yokiwa Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura,Papua.Danau ini berbatasan langsung dengan dua Kabupaten Yaitu :Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

Danau ini memiliki keunikan tersendiri yaitu mempunyai bentuk yang sangat  mirip dengan hati atau simbol cinta.Maka danau ini di sebut dengan nama  danau love oleh warga setempat.

Untuk jarak tempuh dari kota sentani ke danau ini memakan waktu sekitar 30-40 menit, anda dapat mengunakan kendaran roda dua maupun roda empat.

Bagi anda yang belum pernah ke danau ini dan ingin berkunjung ke sini sebaiknya  anda meminta tolong kepada orang yang suda perna ke tempat ini untuk menjadi penunjuk arah.Karena jalan menunjuh tempat ini banyak berbelok-belok dan siknal dari operator tidak dapat membantu anda, selain itu juga tidak tidak ada penunjuk arah atau rambu-rambu yang menuju ke lokasi ini.

Meskipun jarak ke tempat ini agak jauh namun dalam perjalanan mata anda akan di manjakan dengan pemandangan danau sentani  yang luas dan hamparan padang rumput yang elok saat di tiup angin.

Sedikit tambahan bagi anda yang hendak berkunjung ke sana dan ingin berlama-lama menikmati keindahan pemandangan danau ini sebaiknya anda membawa bekal, karena di sekitar lokasi tidak ada toko maupun warung.

Harga tiket masuk lokasi wisata danau love.

25.000 untuk roda dua.

50.000 untuk roda empat.

danau-love

3.Tugu Jendral Douglas McArtur

Tuguh ini jaraknya lumayan jauh berada di bawa kaki gunung CYCLOOP daerahnya masih ada dalam lingkungan dan pengawasan TNI, karena lokasinya yang berada di dalam markas besar RINDAM XVII CENDERAWASIH PAPUA.

Mengulas sedikit tentang sejarah, tempat ini adalah tempat istirahat Jendral Douglas McArtur pada perang dunia ke II yang melibatkan sekutu dan tentra jepang di wilaya pasifik.

Di tempat ini juga ada museum kecil yang menyimpan banyak benda-benda antik peninggalan sekutu dan jepang, juga foto-foto dokumenter saat perang dunia ke II.

Tidak sampai di situ bila anda berada disini maka ada akan di suguh dengan keindahan kota sentani dari ketinggian. Dan bila anda berkunjung ke tempat ini hingga sore hari, maka akan melihat matahari yang terbenam atau sunset di pelataran gunung-gunung sentani. Sungguh pemandangan yang romantis dan lukisan alam yang sangat-sangat indah.

tugu-jendral-douglas-mcartur

4.Kali Biru
Objek wisata Kali Biru ini berlokasi di Desa Kali Biru, Distrik Nimbokarang, Jayapura, Indonesia. Yang berjarak kurang lebih sekitar 100 kilometer disebelah barat dari pusat kota Jayapura.

Bila anda dari bandara jarak ke pusat wisata ini kurang lebih 60 kilo meter kota sentani.

Anda dapat mengunakan kendara apa saja, roda dua maupu roda empat, namun sayangnya angkutan umun tidak melewati tempat wisata ini.

Walaupun begitu, tetap saja akan lebih baik lagi jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda saja, atau anda bisa menyewa kendaraan di beberapa agen yang memberikan jasa penyewaan mobil di kota Jayapura. Dengan cara ini, bisa dikatakan jauh lebih praktis jika di bandingkan dengan pergi menggunakan taksi.
Beberapa tips bila berwisata ke kali biru

Tips

1. Saat ke lokasi kali biru sebaiknya anda membawa bekal makanan  karena di lokasi Objek Wisata Kali Biru ini tidak ada penduduk yang menjual makanan. Jadi, anda bisa menyiapkan sendiri sebelum anda berangkat ke lokasi kali biru ini.

2. Sebenarnya, anda tidak perlu membawa perlengkapan yang banyak, cukup  membawa barang-barang yang anda butuhkan. Seperti misalnya baju ganti anda, perlengkapan mandi, dan jika anda kurang bisa berenang, anda bisa membawa  pelampung, sekaligus untuk berjaga-jaga.

3. Lalu, anda bisa menambahkan kamera di daftar barang bawaan anda, sayang sekali bila keindahan yang ada di tempat ini, dan juga momen indah bersama keluarga maupun sahabat di lewatkan begitu saja tanpa di abadikan di dalam kamera anda. Apalagi kalau di sepanjang perjalanan menuju Lokasi tempat Objek Wisata Kali Biru ini anda akan di suguhkan pemandangan hutan dan bukit yang masih alami dan indah.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin melepas lelah bersama keluarga dan teman-teman anda. Warna biru dari air di kali ini, tentunya bisa menjadi penyegar mata dan pikiran anda.

kali-bitu

5. Pantai Amai

Pantai amai adalah salah satu tempat wisata yang anda wajib dikunjungi ketika anda berada di sentani.

Pantai ini terkenal dengan ke unikanya yaitu air lautnya yang jernih dan pasirnya yang putih,tidak hanya itu pantai ini juga terdapat dua sumber air yaitu air tawar dan air asin. Sumber air tawar tersebut berasal dari sungai-sungai yang terdapat di sekitar pantai dan bermuara ke laut.

Sumber air tawar ini juga sering di gunakan untuk membilas badan setelah berendam di air laut.Pantai ini juga cocok bagi anda yang mengingini ketenangan karena pantai berada jauh dari keramaian.

Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan olahraga lainya di pantai ini, misalnya saja seperti snorkeling, diving, surfing, dan juga beberapa olahraga air lainnya. Di lokasi pantai, memang sudah menyediakan penyewaan perlengkapannya, namun persediaannya terbatas. Beberapa pepohonan yang ada di pinggir pantai juga terlihat bergoyang-goyang indah meski anginnya tidak begitu kencang. Di pinggiran pantai ini juga tidak terdapat batu-batu karang, jadi anda bisa bebas berlarian di tepi pantai karena anda hanya akan merasakan pasirnya yang lembut serta segarnya air laut.

Untuk bisa sampai ke tempat ini perjalanan anda akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Sentani.

Harga Parkiran Pantai Amai.

20.000 Untuk kendaraan roda dua.

40.000 Untuk Kendaraan roda empat.

amai-1

Dan masih banyak lagi tempat wisata yang dapat memanjahkan mata anda saat berada di Pulau yang berjulukan ’’Surga Kecil Yang Jatuh Ke Dunia’’ (papua).

Penulis : Erik Satya, Mahasiswa STMIK Paramitha Malang

Loading...