Ilustrasi bandara ©varia.id/

MALANGTODAY.NET– Kabupaten Kediri diproyeksikan bakal memiliki bandar udara sendiri. Hal tersebut menyusul pernyataan yang keluar dari orang nomor satu di Pemprov Jawa Timur, Soekarwo.

Gubernur Jawa Timur tersebut memastikan akan dibangun bandar udara di wilayah Kabupaten Kediri yang direncanakan untuk tujuan komersial.

“Bandaranya nanti digunakan untuk umum, namun sebagian untuk privat perusahaan,” ujarnya kepada wartawan pada Kamis (16/3).

Pria kelahiran Madiun ini menjelaskan bahwa lahan maupun anggarannya telah dipersiapkan dan tanpa menggunakan dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Proyek besar besar tersebut tak bisa lepas dari campur tangan PT Gudang Garam. Lahan dan anggaran pembangunan itu murni akan disiapkan oleh perusahaan rokok yang berkedudukan di daerah berjuluk Kota Tahu tersebut.

Pria yang akrab disapa Pakde karwo ini bahkan telah melapor kepada Presiden RI Joko Widodo di sela rapat kabinet terbatas di Istana Negara, pada hari Selasa (14/3) lalu.

“Pak Joko Widodo sudah memberi lampu hijau dan pembangunan bandara ini menjadi prioritas. Ke depan tim dari Kementerian Perhubungan dan pihak terkait turun ke lapangan sehingga bisa segera dioperasikan,” ucap pria lulusan Universitas Airlangga ini.

Dilansir dari Antara, di bandara tersebut, kata bapak beranak tiga ini, akan dibangun landasan ancang sepanjang 2.300 meter yang cukup untuk digunakan pendaratan pesawat jenis “airbus” berpenumpang hingga 128-130 orang.(zuk)

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here