Keandalan Menara Suar Terus Ditingkatkan - JPNN.com

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H. Purnomo dalam dalam Kampanye Keselamatan Pelayaran & Peringatan Hari Maritim Sedunia (World Maritime Day) 2019 di Pelabuhan Labuan Bajo, NTT, Jumat (20/9). Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA – Menara suar merupakan salah satu Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) utama yang terus ditingkatkan keandalannya untuk mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran serta kelancaran lalu lintas pelayaran. 

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo di peringatan hari Menara Suar yang jatuh pada hari ini, Minggu (22/9).

Keberadaan Menara suar di Indonesia kata Agus, sebagai negara Kepulauan terbesar di dunia tentunya sangat diperlukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran juga kelancaran lalu lintas pelayaran.

“Keberadaan Menara Suar di Indonesia, saat ini dijaga oleh Petugas Menara Suar yang terdiri dari teknisi Menara Suar dan operator Menara Suar yang bertugas jauh dari lingkungan sosial dan keluarga dalam kurun waktu yang lama. Mereka tidak kenal lelah dan tidak menyerah menjaga cahaya Menara Suar agar tetap terang dan menerangi para pelaut, sehingga mereka layak dijuluki sebagai sosok pahlawan di tengah lautan,” ujar Agus.

Melalui Peringatan Hari Menara Suar ini, diharapkan bisa meningkatkan peran serta masyarakat untuk mensosialisasikan keberadaan dan manfaat SBNP.

“Serta meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah, mitra kerja, dan instansi terkait,” ucap Agus.

Sementara itu, Direktur Kenavigasian, Basar Antonius mengatakan bahwa peringatan Hari Menara Suar 2019 ini merupakan yang kelima kalinya sejak diperingati mulai 2015.

Peringatan ini, menurut Basar, dilakukan untuk terus mengingatkan kepada masyarakat maritim sekaligus menunjukan peranan penting dari keberadaan menara suar dimana Indonesia tercatat memiliki 284 menara suar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.