MALANGTODAY.NET –  Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Hediawan, M.P.A., M.B.A., mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menghadiri The  7th Xiangshan Forum, bertempat di Beijing China yang berlangsung mulai tanggal 10 s.d. 12 Oktober 2016. Kehadiran Kasum TNI selaku Ketua Delegasi Indonesia merupakan forum yang sangat terhormat, dan pertama kali untuk menghadiriXiangshan Forum.

Forum Xiangshan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 400 pejabat dan para pakar dari 59 negara dan 6 organisasi Internasional yang bertemakan “Peningkatan Kerja Sama Dialog Keamanan, Pembentukan Hubungan Internasional Tipe Baru”.

Tujuannya dilaksanakan forum ini salah satunya adalah perspektif Indonesia dan gagasan TNI, mengenai pentingnya kerja samainternasional yang efektif dalam bidang keamanan pada tataran regional, guna menjawab tantangan dan ancaman di Asia Pasifik khususnya kawasan Asean.

Di dalam forum tersebut terdiri dari 4 topik yang secara khusus membahas sejumlah masalah termasuk, bekerja sama untuk menghadapi tantangan baru bagi keamanan Asia-Pasifik; fungsi tentara dalam pembenahan global; kerja sama keamanan maritime; dan ancaman dari terorisme internasional serta cara menanggapinya.(del)