MALANG – Dampak Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di tiga wilayah Gunung Arjuno-Welirang, Gunung Kawi hingga Gunung Semeru disebut BPBD (Badan Penanggulangan Bencan Daerah ) Kabupaten Malang belum sampai ke wilayah permukiman warga.

“Info yang saya terima belum, belum ampai ke pemukiman, ya mudah-mudahan tidak lah,” tukas Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Leonard Agus Supardy.

Menurut Leo-panggilan akrabnya, penyemprotan lewat jalur udara tetep dilakukan. BPBD Kabupaten Malang, BNPB Provinsi Jawa Timur terus bersiaga di Lanud Abdul Rahman Saleh untuk persiapan lanjutan pemadaman water bombing.

Bahkan wilayah barat Gunung Semeru, yang masuk wilayah Wajak dan Poncokusumo disebut Leo juga ikut terdampak kebakaran akibat angin kencang yang membuat api cepat sekali merambat.

Hanya saja untuk asap belum sampai ke permukiman warga. “Belum sampai kok, tapi ya doakan saja jangan sampai ke pemukiman. Dan juga semoga cepat hujan turun supaya api bisa padam. Masalahnya medannya juga sulit-sulit,” tukasnya.

Sementara itu menyoal kebakaran lain, di Kota Malang asap kebakaran TPA (Tempat Pembuangan Akhir) supiturang yang ada di Kelurahan Mulyorejo, Sukun, Kota Malang berdampak serius kepada warga.

Kepulan asap dilaporkan menyelimuti kawasan Tlogomas, Dinoyo sampai terbaru, merambah sebagian wilayah Kabupaten Malang yakni Kecamatan Wagir. Beberapa warga bahkan harus mengungsi karena kepulan asap yang dianggap membahayakan kesehatan.

Pewarta: Elfran Vido
Foto:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.