Inilah Bukti Kali Item Tak Selamanya 'Item'
Foto Kali Item alias Kali Sentiong yang Bersih, diunggah oleh Rifqi Fathullah via facebook. Sumber: Facebook.com

MALANGTODAY.NET – Siapa bilang Kali Item selamanya berwarna ‘item? Beberapa waktu lalu di media sosial beredar foto-foto yang menunjukkan beberapa anak bermain dan berenang di Kali Item. Nah loh, gimana tuh?

Dalam foto-foto tersebut, sungai yang terkenal karena warna airnya yang hitam dan bau yang tak sedap ini terlihat bersih dengan air berwarna jernih. Usut punya usut, ternyata foto ini diambil pada tahun 2017 lalu.

Inilah Bukti Kali Item Tak Selamanya 'Item'
Foto Kali Item dalam kondisi bersih Viral di Facebook. Sumber: Facebook.com

Baca Juga: Mantri Sunat Cantik Ini Bikin yang Sudah Sunat Jadi Pengen Lagi!

Foto-foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Rifqi Fathullah. Melansir Tempo.co pada Sabtu, 4 Agustus 2018, Rifqi membagikan kembali foto yang ia unggah pada 26 Maret 2017 tersebut lantaran ramainya pemberitaan Kali Sentiong sebagai ‘Kali Item’.

Rifqi juga memastikan bahwa foto yang ia unggah diambil sesuai dengan kondisi aslinya dan ia siap mempertanggungjawabkannya. Menurutnya, saat itu ia mengambil dan mengunggah foto tersebut lantaran takjub dengan kondisi kali yang bersih.

“Zamannya Pak Ahok masih menjabat gubernur itu kalinya masih bersih banget. Saya takjub ini kalinya bersih banget,” ujarnya saat dihubungi Tempo.co pada Jumat 3 Agustus 2018 lalu.

Baca Juga: 5 Solusi Olah Limbah Rumah Tangga Jadi Pupuk Kompos Oleh KKN UMM 55

Lokasi pengambilan gambar tersebut diperkirakan berada di Kali Sentiong bagian dekat Wisma Atlet Kemayoran dan menghadap ke Danau Sunter Selatan. Ini disimpulkan dari hasil pencocokan bentuk bibir sungai dan konstruksi pembangunan yang terlihat dalam latar belakang foto tersebut.

Kebenaran foto tersebut juga diakui oleh Een Hermawan, Lurah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Menurutnya, foto tersebut diambil ketika musim hujan pada masa itu. Debit air yang tinggi membuat air kali bias mengalir dan terlihat berwarna hijau bersih.

Sebelumnya, Tempo.co juga memuat pernyataan dari beberapa warga yang bermukim di sekitar Kali Sentiong ini. Mereka menyatakan bahwa kali tersebut sempat bersih saat Jokowi dan Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI.

Inilah Bukti Kali Item Tak Selamanya 'Item'
Foto Kali Item dalam kondisi bersih diunggah oleh Rifqi Fathullah via Facebook. Sumber: Facebook.com

“Sempat bersih itu,” ucap Munari, salah satu warga yang telah mentap di dekat Kali Sentiong sejak tahun 1988, dikutip dari Tempo.co.

Di tengah persiapan Asian Games 2018, Kali Sentiong kembali menjadi sorotan beberapa pekan terakhir. Hal ini disebabkan bau busuk yang menguar dari aliran air keruhnya dikhawatirkan tercium sampai ke Wisma Atlet. Wisma Atlet yang nantinya akan menjadi rumah sementara bagi para atlet peserta Asian Games 2018 ini memang terletak tak jauh dari aliran sungai. Upaya-upaya unik yang dilakukan pemerintah DKI Jakarta saat ini malah menambah ramainya pemberitaan tentang Kali Item.

Penulis: Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani