Gencar Aksi Boikot Produk AS, Jusuf Kalla: Berani Tidak Pakai Google?
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Wakil Presiden Jusuf Kalla akhirnya ikut besuara terkait pernyataan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto tentang menteri pencetak utang. JK turut membela Sri Mulyani dalam kasus ini.

Menurutnya yang perlu disoroti kini bukanlah seberapa besar utang negara, melainkan kemampuan pemerintah dalam membayar utang tersebut. JK juga menambahkan bahwa pemerintah Indonesia selalu bisa membayar hutang, baik itu di masa Presiden Soeharto, Abdurrahaman Wahid, hingga Megawati Soekarno Putri.

“Yang penting itu bukan jumlahnya, tapi dapat dibayar atau tidak. Dari pengalaman sejak pemerintahan Pak Harto, Ibu Mega, Pak Gus Dur itu semua bisa dibayar utang yang ada. Kecuali saat krisis (1998) karena dibantu IMF,” ujar JK, dikutip dari CNNIndonesia.com, pada Selasa (29/1/2019).

Wakil Presiden ini juga menyatakan bahwa pada dasarnya setiap negara menghadapi persoalan utang. Menurutnya tak ada negara yang tak memiliki utang.

“Kita tentu karena tidak banyak lembaga-lembaga kalau defisit juga kan ditalanginya dengan utang,” katanya.

Kalla memastikan pemerintah saat ini mampu menangani utang-utang tersebut dengan sangat baik. Pembayaran utang Indonesia pun tak pernah jatuh tempo dari yang telah ditentukan.

“Tidak ada kan utang kita yang tidak kita bayar. Kalau kemudian kita pinjam lagi itu cara pengelolaan keuangan,” tambah Jusuf Kalla. (KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.