Jumlah Pengaduan Masyarakat Kepada DPD Terus Meningkat
Jumlah Pengaduan Masyarakat Kepada DPD TeJumlah Pengaduan Masyarakat Kepada DPD Terus Meningkatrus Meningkat

MALANGTODAY.NET – Wakil Ketua Komite III DPD RI Senator DKI Jakarta, Fahira Idris, S.E., M.H menyebutkan, kepercayaan masyarakat kepada DPD terus bertambah. Dibuktikan dengan semakin banyaknya pengaduan dan penyelesaian yang telah dilakukan.

Sepanjang Oktober 2004 sampai dengan Agustus 2016, DPD RI telah mengajukan 68 RUU, 245 pertimbangan, dan 184 hasil pengawasan. Sementara pada sidang yang diselenggarakan di periode 2015-2016, terdapat 7621 permasalahan daerah yang diadukan kepada DPD RI.

“Artinya, penguatan DPD melalui amandemen UUD 1945 menjadi jalan konstitusional untuk mendorong penguatan peran DPD dan daerah,” tambahnya.

Sementara itu, anggota DPD RI -MPR RI Perwakilan Provinsi Jawa Tinur, A. Qadir Amir Hartono, S.E., S.H, M.H, menambahkan, peran dari DPD ini terus digodok. “Sebenarnya kami ini dibutuhkan nggak sih sama masyarakat?,” guraunya.

Dia menyebutkan, dalam berbagai kajian yang dilakukan, kebutuhan masyarakat akan perwakilan daerah ini sangat besar. Berbagai perguruan tinggi pun selalu mengharapkan aspirasi datu DPD dalam menyampaikan suranya.

Menurutnya, DPD dapat dikatakan sebagai alternatif dari DPR. Namun yang membedakan, DPD berasal dari kalangan bukan partai politik yang memang menjadi perwakilan sebuah daerah. Fungsinya lebih pada pengawasan dari kinerja yang dilakukan oleh para DPR.

Berikan tanggapan Anda