Jumlah Investor Ritel Lokal Masih Kalah Dengan Investor Asing
ilustrasi pasar saham (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Jumlah investor ritel lokal masih kalah dengan investor asing. Berdasarkan catatan otoritas jasa keuangan (OJK), prosentase investor Indonesia hanya 0,39 persen dari jumlah penduduk yang mencapai 258 juta jiwa.

Sementara sepanjang dua tahun terakhir, jumlah investor ritel mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dari 400 ribu menjadi satu juta.

“Padahal, kalau di negara lain jumlah investor lokal bisa mencapai 20 sampai 30 persen. Artinya, perlu dorongan lebih agar investor lokal bertambah,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Nurhaida seperti dilansir MalangTODAY.net dari Okezone.

Menurutnya, rendhnya junlah investor adalah kurangnha pengetahuan masyarakat akan pasar modam. Sepanjang 2013, hanga 3,8 persen saja masyarakat yang mengenal pasar modal. Namun yang memanfaatkannya baru 0,1 persen.
Pada 2016, lanjutnya, masyarakat yang tertarik dengn pengetahuan ini pun meningkat menjadi 4,4 persen, dan hanya 1,25 persen yang memanfaatkannya.

Sehingga, pendidikan dan sosialisasi pasar modal harus lebih ditingkatkan hingga ke luar Jawa.

“Sejauh ini akses paling mudah hanya didapat oleh masyarakat di Jawa. Jadi oerlu ada perluasan agar investor lokal meluas sampai ke berbagai wilayah Indonesia,” terang Nurhaida. (pit/ags)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here