Jokowi Unggah Foto Kenangan Bersama KH. Hasyim Muzadi
Kenangan Jokowi bersama KH. Hasyim Muzadi ©Facebook/Presiden Joko Widodo

MALANGTODAY.NET – Kepergian KH. Hasyim Muzadi yang menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) ke pangkuan sang pecipta menyisakan rasa kehilangan dari banyak kalangan.

Presiden Joko Widodo melalui jejaring sosial Facebook pribadinya menguncapkan belasungkawa sembari mengunggah foto kenangan ketika dirinya sedang bersama tokoh Islam Indonesia itu.

Dalam foto tersebut, keduanya duduk berjejer dan memakai kemeja berwarna putih. Orang nomor satu di Tanah Air itu nampak menunduk untuk mengoleskan minyak angin ke kaki KH. Hasyim. Sementara  KH Hasyim yang memakai peci itu mengangkat bagian bawah celanya keatas.

“Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi di kediamannya di Malang, pagi tadi.

Bangsa ini kehilangan salah satu ulama, guru, penjaga terdepan kebhinekaan. Seorang tokoh yang sebagian hidupnya didedikasikan untuk agama dan bangsanya. Ia pernah memimpin Nahdlatul Ulama seraya terus mengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam di Malang, dan sampai akhir hayatnya masih menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden,” tulis Joko Widodo.

Dalam statusnya itu, pria yang lebih akrab disapa Jokowi itu menyebut foto yang diungganya itu merupakan dokumentasi pribadi.

Ia mengaku kehilangan atas meninggalnya ulam besar kelahiran Tuban, Jawa Timur itu. “Sungguh, saya sangat kehilangan. Semoga almarhum Kiai Hasyim Muzadi beroleh tempat nan lapang di sisiNya, dan keluarga yang ditinggalkan tetap tegar dan tabah,” tutupnya.

Selamat jalan, Kiai Hasyim …

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here