Terkait 5.000 Senjata, Jokowi: Panglima Sudah Bertemu dengan Saya
Presiden RI, Joko Widodo @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Presiden RI Joko Widodo merampungkan Kunjungan Kerja Lintas Nusantara dan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (10/5) malam.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Jakarta sekitar pukul 20.30 WIB setelah menempuh perjalanan 4 jam 40 menit dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Lima hari Kunjungan Kerja Lintas Nusantara yang dimulai sejak Sabtu (6/5) hingga Rabu meliputi empat provinsi, yakni Aceh, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, dan Papua.

Tidak kurang dari 18 jam waktu penerbangan untuk mengunjungi keempat provinsi dengan menggunakan tiga jenis pesawat, yakni Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Pesawat Kepresidenan RJ-85, dan Helikopter Super Puma TNI AU.

Di Aceh, Presiden menghadiri Pekan Nasional Petani Nelayan XV 2017 di Stadion Harapan Bangsa, Gampong Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu (6/5).
Dari Aceh, Presiden melanjutkan perjalanan ke Kalimantan Selatan.

Di Kalimantan Selatan Presiden menyaksikan langsung penyerahan hak pengelolaan hutan desa, hutan tanaman rakyat, dan hutan kemasyarakatan kepada masyarakat di Desa Tebing Siring, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut.

Selain itu, Jokowi menghadiri Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi 2017 di Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (7/5).

“Kekayaan kita ada di laut, sumber daya alam kita ada di laut,” kata Presiden.

Di Maluku Utara, Presiden meresmikan Fasilitas Pelabuhan Tapaleo, Pelabuhan Wayabula dan Pelabuhan Bicoli yang dipusatkan di Pelabuhan Laut Tapaleo, Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Senin (8/5).

Selain penambahan frekuensi kapal, Presiden juga meminta menteri perhubungan untuk membangun bandara di Halmahera.

Presiden Jokowi merupakan Presiden Republik Indonesia kedua yang menginjakkan kakinya di Halmahera Tengah setelah Presiden Sukarno pada tahun 1957.

Di provinsi terakhir yang dikunjungi, Papua, Presiden meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw yang terletak di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

PLBN tersebut juga harus mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Untuk itu, di sekitar PLBN turut dibangun pasar-pasar modern yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar lokasi. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.