Prabowo Subianto dan Joko Widodo (berpelukan) saat Asian Games 2018 lalu @Liputan6

MALANGTODAY.NET – Kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang kurang dari sebulan mulai menyisakan prediksi-prediksi menarik. Beberapa lembaga survei mulai ramai merilis data prediksi terkait presentase suara yang akan diraup oleh masing-masing pasangan calon (paslon). Terbaru, paslon nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin diprediksi unggul dengan selisih 20 persen.

Dilansir dari DetikNews, Senin (25/3/2019), lembaga survei Charta Politika merilis hasil peneltiian dengan melakukan ekstrapolasi dengan hasil survei sebelumnya. Melalui cara itu, Jokowi disimpulkan menang atas paslon Prabowo Subianto – Sandiaga Uno dengan selisih 20,4 persen.

“Dengan perolehan elektabilitas tersebut di atas, ketika dilakukan ekstrapolasi maka menghasilkan perolehan suara Joko Widodo – Ma’ruf Amin dipilih oleh (60,2 persen) mengungguli Prabowo Subianto – Sandiaga Uno (39,8 persen),” demikian yang tertulis dalam keterangan persnya.

Survei terakhir yang dilakukan oleh Charta Politika dilakukan dalam rentang tanggal 1 – 9 Maret 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka kepada 2.000 responden dari 34 provinsi di Indonesia. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei tersebut kemudian menghasilkan paslon Jokowi – Ma’ruf unggul dengan presentase 53,6 persen. Sementara itu, Prabowo – Sandi unggul di angka 35,4 persen. Adapun 11 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Hasil survei ini yang kemudian dikombinasikan dengan hasil sebelumnya dan peningkatan tren elektabilitas masing-masing paslon.

Sementara itu, Charta juga menampilkan tingkat kepuasan masyarakat di bawah pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla. Hasilnya, tingkat kepuasan berada dalam kategori cukup baik di kisaran 65,9 persen. Hal lain adalah tingkat kemantapan dalam menentukan pilihan yang disebut tinggi, yakni sebesar 80 persen.

Hmm.. sepertinya masyarakat Indonesia sudah banyak yang menentukan pilihan ya? Selamat berpesta dalam demokrasi! (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.