Pakar Media Sosial Sebut Jokowi Kian Malas, Prabowo Makin Militan
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (jaket merah) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto saat berswafoto di Asian Games 2018 silam @IDN Times

MALANGTODAY.NET – Era digital membuat kontestasi politik tanah air turut meruncing di ranah media sosial. Dukungan dari influencer ke masing-masing pasangan calon (paslon) di Pemilihan Presiden 2019 (Pilpres 2019) makin sering wara-wiri di timeline media sosial. Namun pakar media sosial punya pandangan lain soal itu.

Dilansir dari Tempo.co, Rabu (28/11/2018), pakar media sosial Ismail Fahmi menilai bahwa dukungan influencer social media kepada masing-masing paslon justru kontradiktif. Ismail menilai bahwa dukungan influencer paslon nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin kalah militan dibanding dengan pendukung paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Baca Juga: Viral Video Penyu di Pulai Pari Mati, Ini Reaksi Menteri Susi Pudjiastuti

“Kalah dengan oposisi yang makin militan dan kompak,” kata Ismail yang juga pendiri PT Media Kernels Indonesia.

Acuan Ismail menilai demikian berdasarkan data yang dirilis Median yang menyebut 42,9 persen respondennya memiliki akun Facebook dan mendukung Prabowo. Adapun 42,4 persen adalah pendukung Jokowi. Survei yang sama juga menyebutkan Prabowo unggul di Instagram dan Twitter.

Baca Juga: Rizieq Shihab Serukan Umat Hadiri Reuni Akbar 212, Apakah Ia Sendiri Akan Pulang?

Menurut Ismail, hal ini disebabkan karena para pendukung Jokowi – Ma’ruf terlanjur nyaman dnegan situasi petahana yang dinilai sukses. Alhasil, konten yang kerap dimunculkan oleh pendukung petahana adalah catatan keberhasilan program-program yang telah berjalan.

Sebaliknya, kubu oposisi sangat aktif di social media. Mereka kerap aktif membagikan konten-konten yang telah disiapkan oleh tim media paslon Prabowo – Sandi. “Oposisi saling share konten mereka. Lebih kompak. Satu punya materi, yang lain cocok lalu di-share,” tandas Ismail.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.