Tak Diundang, Jokowi Cari Motor Ekspor di IMOS 2018
Salah satu sepeda motor di Pameran IMOS 2018 Jakarta @Oto

MALANGTODAY.NET – Presiden Indonesia Joko Widodo baru saja menghadiri pameran Indonesia Motorcycle Show 2018 (IMOS 2018) yang dilaksanakan di Plennary Hall & Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Sabtu (3/11/2018). Kedatangannya cukup mengejutkan karena pihak penyelenggara mengaku tidak mengundang orang nomor satu di Indonesia itu.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johannes Loman, undangan kepada instansi pemerintah sudah dikirimkan melalui Kementerian Perindustrian. Loman juga mengaku bahwa acara ini sampai ke telinga Jokowi dan membuat presiden Indonesia itu memutuskan datang.

Baca Juga: Ini Lho Orang Asli ‘Tampang Boyolali’ yang Sukses Harumkan Tanah Air!

“Saya dengar hal ini sampai ke Presiden. Jadi mungkin Jokowi berkunjung karena ingin lihat langsung dan kita juga klaim bahwa IMOS adalah pameran motor terbesar di Indonesia,” ujar Loman dikutip dari Detik.com, Sabtu (3/11/2018).

Jokowi yang datang mengenakan jaket merah khas anak motor mengaku bahwa ia ingin melihat langsung perkembangan industri otomotif roda dua di Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa industri sepeda motor saat ini telah berhasil mengekspor motor rakitan ke 45 negara.

Baca Juga: Gaji Pilot Rp 3,7 Juta? Ini Tanggapan Presdir Lion Air

“Sekarang produk nasional kita sudah 6,5 juta sepeda motor dan hampir 600.000-an itu ekspor. Ini yang bagus. Tadi saya selalu tanyakan (produk otomotif) yang ekspor yang mana. Oh yang ini, yang ini. Saya kira ini sesuatu yang bagus ya kita bisa ekspor sebanyak itu. Sehingga bagaimana bisa masuk pasar yang baru, pasar yang sesuai harga, sesuai kualitas,” kata Jokowi dikutip dari Kompas.com, Sabtu (3/11/2018).

Kunjungan Jokowi ke IMOS 2018 didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...