Tanya Kondisi Jalan di Papua, Jawaban ‘Belum Mulus’ Bikin Jokowi Ditertawai!
Ilustrasi pembangunan jalan Trans Papua @Tirto

MALANGTODAY.NET – Salah satu kebijakan yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dalam masa pemerintahannya adalah pembangunan infrastruktur yang masif di Papua. Salah satunya adalah pembangunan jalan Trans Papua. Namun saat bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Boven Digoel, Matius, Jokowi terkejut lantaran jalan di daerahnya masih belum mulus.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (12/2/2019), peristiwa ini terjadi saat Jokowi menghadiri Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Depok, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, ia bertemu dengan Matius dan bertanya mengenai transportasi apa yang digunakannya untuk datang ke Jakarta.

Matius mengaku bahwa ia dari Boven Digoel harus melakukan perjalanan lebih dulu ke Merauke selama 45 menit. Dari Merauke, penerbangannya dilanjutkan ke Makassar dan selanjutnya menuju Jakarta.

Pada saat itu, Jokowi mengira Matius melakukan perjalanan darat mulus ngebut. Namun Kepala Dinas Pendidikan Boven Digoel itu mengaku perjalanannya ke Merauke menggunakan pesawat. Mantan Wali Kota Solo itu kemudian bertanya seputar jalan yang disebutnya sudah mulus. “Belum,” jawab Matius polos.

Jawaban itu seketika memecah tawa undangan yang hadir di acara tersebut. Jokowi kemudian bertanya sebelah mana yang disebut Matius belum mulus. Pria Papua itu segera menjelaskan beberapa titik jalan yang kemudian diterima oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Ya beberapa titik. Tapi enggak semuanya kayak dulu kan? Ya memang belum, waktu saya ke sana memang masih dalam tahap pengerjaan sehingga saya tidak sampai ke Boven Digoel,” kilah Jokowi.

Selain itu, Matius juga menjelaskan beberapa masalah pendidikan di kotanya. Menurutnya, masalah jumlah guru yang belum memadai masih menjadi  problem tersendiri. Ia juga menyebutkan bahwa guru yang ada kebanyakan masih berstatus honorer dan pendidikan terakhirnya SMA sederajat.

“Gurunya masih kurang, dan bukan sarjana pendidikan. Tapi berijazah SMA/SMK,” tandasnya. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.