Jepang Setujui Magang 200 Pekerja Indonesia
Hiruk pikuk negara Jepang © 2017 Vittalia

MALANGTODAY.NET – Indonesia dan Jepang berkolaborasi dalam Program International Manpower. Pada program tersebut, Jepang menyetujui penerimaan 200 pekerja magang dari sektor formal asal Sulawesi Utara (Sulut), seperti dinyatakan oleh Gubernur Olly Dondokambey saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang.

“Mereka (Presiden International Manpower) telah menyetujui usulan kami, dan itu segera kami tindak lanjuti,” kata Gubernur Olly di Jepang seperti dikutip Kepala Bagian Humas Setdaprov Roy Saroinsong di Manado, Jumat (31/3), sebagaimana dilansir dari Antara.

Gubernur sendiri merespon signal positif tersebut dengan mempersiapkan pelatihan bahasa dan budaya yang melibatkan beberapa pemangku kepentingan di daerah.

International Manpower merupakan sponsor bagi peserta selama mengikuti magang kerja di Jepang, dan dengan bahasa yang lebih familiar, lembaga ini biasa disebut sebagai ‘ayah angkat’.

“Kami membicarakan membuka lowongan untuk para pekerja magang yang akan dididik oleh pemerintah lewat dinas tenaga kerja. Mereka memang harus dipersiapkan matang sehingga siap mengikuti proses perekrutan yang disediakan,” katanya, masih dikutip dari sumber yang sama.

Saroinsong mengatakan bahwasanya Mr. Yanagishawa mengharapkan Gubernur segera mempersiapkan pemuda-pemudi Sulut untuk mengikuti program itu.

Gubernur diharapkan memperkuat kompetensi calon pekerja magang sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja di Jepang melalui penguasaan bahasa dan budaya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.