Ilustrasi @hargabicara.id
Ilustrasi @hargabicara.id

MALANGTODAY.NET – Serangan teknologi tidak bisa ditangkis lagi. Teknologi telah masuk ke berbagai lini, termasuk juga transportasi. Dampak ini dimanfaatkan baik oleh Provinsi Jawa Timur untuk terus berinovasi. Untuk pertama kalinya, pembayaran bus patas PP Malang-Surabaya bakal menerapkan pembayaran dengan menggunakan e-payment multifungsi, Transtek.

Cara pembayaran non-tunai tersebut akan diberlakukan secara efektif jelang puasa 2019 dan diimplementasikan pada bus patas.

Direktur PT Transtek Adi H Soewandibio mengatakan, pihaknya akan menerapkan inovasi ini di seluruh terminal dan semua bus patas se-Jatim. Namun, hanya kartu Tapcash BNI yang baru bisa digunakan.

Dia juga mengatakan bahwa program ini sudah dirancang secara khusus dan matang selama setahun terakhir. “Ke depan, semua bank akan bekerja sama dan kartunya juga bisa digunakan untuk pembayaran,” ucapnya seperti dilansir dari Jawapos.com, pada Selasa (16/4/2019).

Adi menjelaskan bahwa layanan Transtek ini hadir dalam kartu dan aplikasi. Masyarakat akan dapat menikmatinya untuk bus di Terminal Arjoasari  Malang dan Terminal Purabaya (Bungurasih) pada akhir Mei 2019.

“Jadi silakan mencoba pengalaman baru menggunakan e-payment Transtek dan menjadi bagian dari sejarah baru transportasi,” lanjutnya.

Sementara Sekretaris Dishub  Provinsi Jawa Timur Arifin Imanadji menyambut baik dan mengapresiasi inovasi tersebut. Menurutnya, akan banyak manfaat dengan cara pembayaran seperti itu.

Pertama, sopir bus tak perlu lagi kebut-kebutan dalam rangka mengejar setoran. Kedua, dengan demikian bisa menekan angka kecelakaan. Kegita, digitalisasi harus dilakukan di semua lini, termasuk bidang transportasi. Contoh, tiket pesawat, kereta api, dan kapal sudah menggunakan sistem daring (online).

“Unstuk transportasi darat, jatim yang memulainya dengan bus non-ekonomi (patas) Surabaya-Malang. Kami harapkan layanan ini bisa diadobsi provinsi lain,” ujarnya. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.