Optimis Jelang Pilpres, Gatot: “Apabila Rakyat Memanggil, Pasti Saya Siap!”
Gatot Nurmantyo masih menunggu parpol yang bersedia meminangnya @Berdemokrasi

MALANGTODAY.NET – Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, berbagai manuver politik dilancarkan oleh tokoh-tokoh yang mengklaim dirinya punya peluang di pesta demokrasi yang akan datang. Banyak hal mulai dari pererat koalisi, safari politik, hingga menjumpai tokoh-tokoh pemuka agama untuk galang dukungan pun gencar dilakukan.

Hal serupa turut dilakukan oleh Gatot Nurmantyo, mantan Panglima TNI periode Juli 2015 – Desember 2017. Namanya yang beberapa waktu lalu sempat muncul di jagat survey elektabilitas calon presiden (capres) Indonesia. Namun hingga kini, belum terlihat ada tanda-tanda kendaraan partai politik yang akan ditunggangi Gatot di 2019 nanti.

Baca Juga: Politisi Umbar Ucapan ‘Demi Bangsa’, Sujiwo Tejo: “Orang Ketawa Denger Itu!”

Belum jelasnya kepastian tersebut membuat segala tindak-tanduk Gatot selalu dikaitkan sebagai tindakan politik. Mulai dari pertemuannya dengan ketua-ketua partai politik (parpol) sampai tindakan cium tangan yang dilakukannya pada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi sorotan masyarakat.

Menanggapi hal ini, Gatot menepis segala asumsi publik terkait tindakannya yang memuat nuansa politik. Dalam kesempatan dialog interaktif yang disiarkan di Seputar iNews Siang, Selasa (31/7) lalu, ia mengatakan bahwa segala hal yang dilakukan murni berdasarkan nalurinya.

“Saya perlakukan yang menurut nurani saya, pantas diperlakukan sebagai bapak saya, ya saya cium tangan saja,” tandas Gatot pada Tasya Syarief, jurnalis RCTI pada kesempatan tersebut.

Baca Juga: Hitung-hitung Kelayakan Moeldoko Temani Jokowi di Pilpres 2019

Ia juga menegaskan untuk tidak berandai-andai menilai isu-isu politik yang beredar. Baginya, tak mungkin politisi handal sekelas Joko Widodo terburu-buru untuk mengumumkan pendampingnya di Pilpres 2019 mendatang.

Meski demikian, ia tak menepis untuk menolak jika ada peluang-peluang yang dirasa memungkinkan untuk maju sebagai capres.

“Saya sebagai prajurit, ditakdirkan untuk mengabdi pada bangsa dan negara tanpa batas waktu. Apabila rakyat dan negara memanggil, pasti saya siap,” tukasnya pada kesempatan itu.

Baca Juga: Romantis, Ahok Dukung Jokowi Menang Pilpres 2019 Lewat Sepucuk Surat

Masih Berjuang Untuk Dapatkan Dukungan Keluarga?
Masih Berjuang Untuk Dapatkan Dukungan Keluarga?
Gatot Nurmantyo mengaku masih berjuang mendapatkan dukungan keluarganya @Rilis

Saat ditanyai bagaimana pendapat keluarga terkait niatnya maju sebagai salah satu kandidat capres, ia mengaku masih memperjuangkan hal itu. Hal ini karena keluarganya merasa keberatan jika harus ditinggal Gatot berkarir lagi.

“Jujur saya harus berjuang. Sekarang ini anak-anak saya protes. ‘Pa, kita dewasa ini tidak dengan papa lho, dengan mama. Jadi sekarang lah papa nggak usah ngasuh saya deh, ngasuh cucu-cucu saya saja, deh’,” ucap Gatot Nurmantyo mengutip pendapat anak-anaknya.

Berikut cuplikan wawancara Gatot dengan jurnalis RCTI, Tasya Syarief.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar