DONOMULYO – 17 hari menjelang penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-106 Kodim 0818 Mlang Batu, Satgas TMMD di Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang Batu Jawa Timur, terus berbenah untuk menuntaskan sisa pekerjaan yang belum kelar.

Seperti di sasaran fisik pembangunan irigasi untuk pengairan pertanian Desa kedungsalam Kecamatan Donomulyo dan Dusun Krajan Desa yang sudah terhubung saluran irigasi.

Komandan Kodim 0818 Malang Batu Satgas TMMD Ke-106 saat di lokasi kegiatan mengatakan, pembuatan irigasi sudah 45 persen atau yang dikenal dengan sebutan plengsengan irigasi, dikerjakan sejak awal bulan di dua dusun ini terhubung, Minggu (20/10/2019).

Masih lanjutnya, pembangunan plengsengan irigasi ada di dua lokasi, yang pertama di dsun krajan sepanjang 60 meter dengan tinggi 1,5 meter. Sementara di ujung Dusun Sumbersih Desa Kedungsalam dengan panjang 100 meter dan tinggi 1,5 meter.

Tujuan dibangunnya plesengan irigasi untuk mencegah terjadinya air meluap ke jalan mengingat di kedua Dusun ini merupakan sering terjadi peluapan air, jelas Komandan Satgas TMMD saat memimpin langsung pengerjaan plengsengan di kedua titik tersebut.

Pekerjaan hari ini tadi, tinggal 65 persen lagi pembuatan plengsengan “Selain untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat tersebut, juga agar lebih nyaman,” pungkas Komandan Kodim 0818.

Foto: istimewa
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.