KABUPATEN MALANG – Tak hanya Jakarta saja yang siaga jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, 20 Oktober mendatang. Kepolisian di tingkat kota/kabupaten juga turut menyiagakan personelnya.

Wakapolda Jatim Brigen Polisi Toni Harmanto menginstruksikan jajaran polres di Jawa Timur untuk mengamankan wilayahnya masing-masing. Total, ada 1.400 personel yang akan disiagakan.

Tugas polisi, salah satunya adalah mengantisipasi aksi demonstrasi, juga aktivitas lain yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan jelang pelantikan presiden.

Di Kota Malang, proses simulasi pengamanan jelang pelantikan Presiden dilakukan di Balai Kota Malang. Simulasi ini tak hanya mengahdirkan personel polisi. Tapi juga water cannon, anjing pelacak, dan perlengkapan lain seperti kawat duri.

Sedang di Kabupaten Malang, Polres Malang menggelar apel pasukan sebagai bentuk kesiagaan tiap satuan dalam rangka cipta kondisi jelang pelantikan presiden di wilayah kerja Kabupaten Malang.

Ratusan personel disiagakan di Lapangan Satyahaprabu Polres Malang. Wakapolres Malang, Kompol Anggun Dedy Sisworo pun melakukan pengecekan peralatan yang dimiliki personelnya.

Mulai kendaraan patroli Sabhara, Binmas, dan anggota Polsek jajaran turut dicek. Termasuk peralatan quick respon, dalmas, senjata api laras panjang, flashball, dan gas air mata tak luput dari pengecekan.

“Apel ini merupakan bentuk kesiapan kesatuan Polres Malang, dalam rangka cipta kondisi, serta pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Kita harus siap seratus persen untuk pengamanan,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk pelatihan peningkatan kemampuan perorangan. Juga kesiapan sarana dan prasarana.

“Setelah pelaksanaan apel, dilanjutkan patroli skala besar, terbagi empat kelompok, arah utara, selatan, timur, dan barat, untuk mengantisipasi segala bentuk kerawanan gangguan keamanan, dan tindak kriminalitas,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Humas Polres Malang
Editor: Indra M

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.