KOTA BATU – Asosiasi Roof Akses Indonesia (ARAI) bersama para relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melakukan pengecatan menara dan kubah Masjid Agung An-Nur Kota Batu, Sabtu (10/8).

Total, ada delapan personil yang dikerahkan untuk mengecat kubah dan menara. Mereka bekerja dengan menggunakan piranti keselamatan yang lengkap.

“Kami mencari bantuan perawatan karena memang sudah lama tidak di rawat. Alhamdulillah sekarang ditangani oleh tenaga profesional,” ungkap Anggota Takmir Masjid An Nur Alun-alun Batu Muchlison Faqih.

Muchlis menambahkan bantuan dari ARAI dan relawan BPBD Kota Batu sangat bermanfaat bagi Masjid An Nur. Bantuan dari mereka bisa menekan biaya perawatan masjid.

“Untuk cat 100 liter, vernis 20 liter, dan tiner 20 liter. Kalau menggunakan perawatan seperti biasanya, untuk andang pada satu titik saja sudah menghabiskan Rp 5 juta sampai Rp 6 juta,” bebernya.

Sementara itu koordinator lapangan Arif Kristiawan mengungkapkan bahwa ARAI adalah asosiasi yang telah memiliki lisensi dari Kementerian Tenaga Kerja RI untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan tali dan atap. “Semua peralatan dan tenaga gratis dari kami. Pihak masjid yang menyiapkan bahan-bahannya,” terang Iwan sapaan akrabnya.

Iwan menambahkan, pengecatan menara dan kubah Masjid Agung An Nur merupakan bagian dari program cinta 100 menara yang digagas ARAI.

“Yang kami sasar saat ini masih wilayah Jawa Timur. Tidak hanya masjid, tapi juga gereja. Pokoknya yang berhubungan dengan menara,” kata dia.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Editor : Indra Mufarendra

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.