Ilustrasi LRT @finance.detik
Ilustrasi LRT @finance.detik

MALANAGTODAY.NET – Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) ingin memiliki moda transportasi massal light rail transit (LRT). Pihak Pemprov sendiri, sudah melakukan studi untuk membangun transportasi tersebut. Kini, keinginan tersebut sudah diajukan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Seperti dilansir dari Kompas.com, pada Senin (22/4/2019), Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Timur, Fattah Jasin mengatakan bahwa konsep LRT sudah komplit dan tinggal menunggu keputusan dari Kemenhub.

Pengajuan ini dinilai perlu karena sangat mendukung mobilitas di Jawa Timur, Surabaya. “(LRT) memang sangat mendukung karena selama di Surabaya, angkutan massal enggak ada. Cuma ada komuter saja, itu pun sedikit,” ucapnya.

Fattah mengatakan bahwa transportasi massal itu memiliki jalur khusus dan tidak melewati jalur umum yang biasa digunakan selama ini. Dia mencontohkan seperti di Jakarta yang memiliki jalur Bus Transjakarta hingga moda raya terpadu (MRT).

“Jawa Timur, mana ada kereta macam di Jabodetabek? Gerbang Kartasusila mana? Enggak ada, kan, itu urgensinya,” lanjutnya.

Untuk itu, pembangunan LRT diprioritaskan dengan jalur elevated (melayang). Dia juga menambahkan bahwa selama ini buka tutup perlintasan sebidang semakin intens dan menyebabkan kemacetan.

“Harus elevated supaya perlintasan sebidang di Margorejo itu teratasi. PT KAI setuju untuk relnya dibikin elevated seperti di Monas dan Gambir,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala PT KAI Daop 8 Surabaya, Suryawan menginginkan jalur LRT nanti bisa menghubungkan sejumlah titik vital di Surabaya. salah satunya terhubung dengan Bandara Internasional Juanda, kawasan MERR, dan Jalan Gubeng Surabaya.

“Karena kawasan tersebut banyak dilalui orang dan memang tidak banyak ternsportasi publik yang bisa menjangkau itu,” ucapnya.

Suryawan juga mewacanakan jalur LRT akan terhubung hingga ke Malang. “Tetapi perpanjangan jalur ke Malang ini masih wacana. Kita sudah diskusi dan akan mencoba untuk bisa diwujudkan,” tandasnya. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.