Jadi Gunung Paling Aktif, Berikut Ini Empat Fakata Menarik Gunung Kelud
Letusan Gunung Kelud (VOA Indonesia)

MALANGTODAY.NET – Lima tahun lalu, tepatnya 13 Februari 2014 Indonesia dilanda sebuah bencana besar yaitu meletusanya Gunung Kelud. Akibat dari bencana ini pulau Jawa mengalami kelumpuhan.

Hujan abu vulkanik dari letusan ini membuat tujuh bandara di Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Malang, dan Semarang tak beroperasi untuk beberapa waktu. Kerugian akibat bencana ini diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah.

Untuk memperingati peristiwa tersebut, mengutip dari Merdeka.com, pada Rabu (13/2/20190), berikut ini empat  fakta menarik dari Gunung Kelud.

Gunung paling aktif di Indonesia
Jadi Gunung Paling Aktif, Berikut Ini Empat Fakata Menarik Gunung Kelud
Abu vulkanik membumbung tinggi keluar dari Gunung Kelud terlihat di Desa Bladak, Blitar, Jatim, Jumat (14/2). Pasca meletusnya gunung Kelud pada pukul 22.50 WIB., Kamis (13/2) malam, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menghimbau kepada masyarakat agar tetap berada di radius aman atau berjarak sekitar 20 kilometer dari puncak Gunung Kelud. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ss/Spt/14

Gunung ini menjadi gunung paling aktif di Indonesia. Gunung ini tercatat mengalami letusan sejak abad ke-15 dan masih aktid hingga sekarang. Pada awalnya ahli memperkirakan gunung ini akan meletus 15 tahun sekali. Hal ini didasarkan pada pola letusan yang terjadi pada tahun 1901, 1919, 1951, 1966, dan 1990. Namun pola itu berubah dalam beberapa tahun terakhir. Gunung Kelud tercatat meletus pada tahun 2007, 2010, dan 2014.

Erupsi dalam waktu yang lama
Jadi Gunung Paling Aktif, Berikut Ini Empat Fakata Menarik Gunung Kelud
Gunung Kelud (Istimewa)

Pada tahun 1990 gunung ini mengalami erupsi hingga 45 hari lamanya. Letusan tersebut tercatat berlangsung dari tanggal 10 Februari sampai dengan 13 Maret 1990. Kedahsyatan letusan tersebut tergambar dari muntahan lahar dingin dari kawah Kelud yang mencapai jarak 24 kilometer. Keruasakan yang dihasilkan konon baru bisa dipulihkan empat tahun setelahnya.

Beranak
Jadi Gunung Paling Aktif, Berikut Ini Empat Fakata Menarik Gunung Kelud
Anak Gunung Kelud (Istimewa)

Gunung yang terletak di Jawa Timur ini memiliki anak sebagai hasil erupsi pada tahun 2007 silam. Kemunculan anak Gunung Kelud ini konon menjadi sebuah fenomena yang sangat langka. Kubah lava besar yang muncul pada erupsi tahun 2007 tersebut kini terus tumbuh dan meninggi.

Larung Sesaji
Larung sesaji (Antara)

Setiap bulan Suro di gunung ini akan dilakukan sebuah ritual yang disebut dengan larung sesaji. Ritual ini oleh warga setempat dipercaya dapatmenolak bala. Namun bagi umat Hindu, tradisi ini digelar sebagai bentuk rasa syukur pada Sang Hyang Widhi, serta sebuah bentuk penghormatan pada penguasa Gunung Kelud. (KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.