Hoax di Tengah Erupsi Gunung Soputan, Kepala BNPB: Buang Saja!
Gunung Soputan @Twitter

MALANGTODAY.NET – Usai gempa bumi dan tsunami, Sulawesi kembali membawa kabar duka dengan erupsi Gunung Soputan di Minahasa, Sulawesi Utara. Gunung  Soputan meletus pada Rabu (3/10/2018) sekitar pukul 08.47 waktu setempat.

Setelah berita letusan gunung berapi ini, muncul beberapa foto dan video palsu yang menggegerkan masyarakat. Pasalnya dalam fot dan video yang beredar tersebut, letusan gunung terlihat sangat mengerikan. Dalam video tersebut, awan abu vulkanik yang sangat tebal membumbung tinggi di angkasa. Warnanya hitam dan sangat pekat. Video tersebut terlihat sangat mencekam.

Baca Juga: Meletus, Gunung Soputan di Sulawesi Utara Berstatus Siaga

Namun, Kepala badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun twitter pribadinya, menyatakan bahwa foto dan video yang beredar adalah hoax, atau berita palsu.

Dalam cuitannya, Sutopo menyatakan bahwa video yang beredar tersebut bukanlah video yang diambil saat erupsi Gunung Soputan. Ia juga menghimbau masyarakat untuk tidak turut serta menyebarkan berita bohong tersebut.

Mengutip dari Tribunnews.com, pada Kamis (4/10.2019), video tersebut ternyata diambil ketika erupsi Gunung Api Fuego di Guatemala pada 3 juli 2018 silam. Video tersebut awalnya diunggah oleh Carmen Aguilera pada 4 Juni 2018 lalu.

Baca Juga: Disinggung Soal Payudara, Jawaban Cinta Laura Skak Hotman Paris

Sutopo juga menyatakan bahwa salah satu foto yang memperlihatkan gunung yang sedang menyemburkan abu vulkanik sangat tinggi merupakan sebuah rekayasa. Foto tersebut juga pernah tersebar luas saat erupsi Gunung Sinabung tahun 2014 silam.

Foto ini rekayasa yang pernah juga disebarkan sebagai letusan Gunung Sinabung tahun 2014. Jangan ikut menyebarkan. Buang saja karena hoax,” tulis Sutopo.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...