JawaPos.com – Membawa bekal memang cara efektif untuk menghemat waktu dan uang di kantor. Bawa saja dari rumah. Banyak menu yang bisa dicoba agar Anda tidak bosan.

Menu bekal tidak berarti harus yang serbainstan. Anda juga bisa menyiapkan menu makanan yang fresh. Bisa cumi saus tiram yang disajikan dengan campuran beras putih dan merah, nasi kuning plus pelengkap, atau yang paling mainstream, nasi goreng. ’’Seharusnya bekal kantor tetap nyaman dimakan, bukan asal praktis saja,’’ kata M. Yunus, chef Aerofood ACS Surabaya, perusahaan in-flight catering dan industri.

Bekal untuk ke kantor bisa dibuat variatif. Selain Anda menyediakan sumber karbohidrat, jangan lupa lauk atau pelengkap yang mengandung banyak serat dan vitamin seperti sayuran dan buah. ’’Jadi, gizinya pun lengkap,’’ ujarnya. Dijamin makanannya lebih sehat karena dimasak sendiri.

Nah, dalam menyiapkan bekal yang lengkap, kuncinya adalah persiapan yang tepat. Anda bisa mulai memasak menu untuk bekal semalam sebelumnya. Atau, mulai mengolah bumbunya lebih dulu.

Yunus punya tip agar makanan lebih tahan lama dan siap dijadikan bekal esoknya. Setelah dimasak, tunggu hingga makanan menjadi lebih dingin atau uapnya menghilang. Kemudian, bungkus dengan plastic wrap atau wadah tertutup. Masukkan ke chiller atau kulkas.

’’Plastic wrap berguna agar makanan tidak terkontaminasi dengan makanan lainnya di dalam kulkas,’’ jelasnya. Keluarkan makanan dari dalam kulkas sebelum disantap atau dijadikan bekal. Hangatkan dengan microwave. Kalau tidak ada microwave, Anda bisa mengukusnya sebentar. ’’Dengan cara seperti ini, makanan bisa bertahan selama dua atau tiga hari,’’ ungkapnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.