Pernikahan Dini Pasangan Di Polewali @facebookharfiya Sriwahyuni Hafied Abinaya
Pernikahan Dini Pasangan Di Polewali @facebook/harfiya Sriwahyuni Hafied Abinaya

MALANGTODAY.NET – Warganet di Sulawesi Barat pada Minggu (26/11/2017) kemarin, dihebohkan atas beredarnya foto-foto sepasang Anak Baru Gede (ABG) menikah.

Foto-foto tersebut beredar melalui media sosial dan grup aplikasi pesan instan. Awalnya diduga hoax, namun setelah dicek, ternyata benar adanya.

Dua sejoli yang masih duduk di bangku sekolah menengah itu adalah Arling Prama Aspar dan Andini Pratiwi.

“Iya memang betul, ijab kabulnya tadi siang di rumah mempelai perempuan,” kata Ansar, kakak kandung Arling Prama Aspar kepada Liputan6.com, Minggu, 26 November 2017.

Ansar mengungkapkan bahwa adiknya, Arling Prama Aspar, saat ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), sementara wanita yang saat ini menjadi istri adiknya, Andini Pratiwi, baru saja lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pernikahan Dini Pasangan Di Polewali @facebookangraeni Ismail
Pernikahan Dini Pasangan Di Polewali @facebook/angraeni Ismail

“Adik saya kelas dua SMA, sudah 17 tahun. Kalau istrinya baru 15 tahun,” sebut Ansar.

Sebelum resmi menikah dan menjadi pasangan suami istri, Arling dan Andini memang telah menjalin kasih. Keduanya dipertemukan karena kecintaan mereka terhadap seni dan budaya suku Mandar.

Ansar menjelaskan alasan Arling dan Andini dinikahkan pada usia yang masih sangat muda karena mereka sudah terlanjur saling cinta.

“Karena sudah suka sama suka, tidak ada unsur paksaan,” kata Ansar.

Selain itu, Ansar juga menyebutkan bahwa pihak keluarga khawatir jika adik laki-lakinya dan kekasihnya itu berbuat zina. Sebelum itu terjadi, pihak keluarga bersepakat mengizinkan permintaan keduanya untuk menikah.

“Betul (khawatir keduanya berzina), dan dari interogasi kami sebelum dinikahkan tidak ada indikasi ke arah sana,” Ansar menjelaskan.

Setelah keluarga Arling dan Andini sepakat, segala persyaratan untuk keperluan pernikahan keduanya pun dipersiapkan, termasuk izin dari pengadilan agama karena usia mereka yang masih di bawah umur.

“Lewat pengadilan dulu, karena enggak cukup umur biar ada kepastian hukumnya,” Ansar menambahkan.

Loading...