Hari Santri Nasional, Wakil Ketua MPR RI Ingatkan Peran Penting Santri
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah (Jazila)

MALANGTODAY.NET – Sesuai dengan Keputusan Presiden no 22 Tahun 2015, bahwa 22 Oktober dijadikan sebagai momentum peringatan santri nasional.

Semarak peringatan hari nasional ini pun disambut meriah oleh masyarakat muslim di Indonesia, tak terkecuali oleh masyarakat Kota Malang dengan diadakannya Upacara Sarungan di Balai Kota Malang pagi tadi.

Santri sendiri jika diterjemahkan dalam arti umum adalah umat Islam Indonesia yang ikut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Baca Juga: Ditinggal Nonton Kuda Lumping, Motor Remaja Ini Disikat Maling

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menghimbau pada santri khususnya generasi muda di Kota Malang agar tetap berdiri kokoh pada semboyan qubul waton minal imannya.

“Hikmah peringatan hari santri adalah agar kita umat Islam punya kewajiban untuk menjaga kemerdekaan Indonesia dengan prinsip sebagai negara religius yang berdasarkan Pancasila,” terang Ahmad Basarah.

Sehingga dengan peringatan hari santri nasional ini, hikmah yang dapat diambil adalah bagaimana umat Islam Indonesia seluruhnya ikut bersama-sama bertanggung jawab menjaga negara Indonesia. Menjaga bangsa yang telah diperjuangkan para pendiri bangsa tak terkecuali para alim ulama terdahulu.

Baca Juga: Bila Terjadi Perang Dunia Lagi, Ini Negara Teraman untuk Berlindung

Ia menghimbau para generasi muda khususnya para santri agar meniru suri tauladan dan semangat juang santri terdahulu untuk mempertahankan keutuhan NKRI dari segala macam gangguan serta ancaman.

“Dengan titik itu santri dengan ke-Islaman dan ke-Indonesiannya harus diperkuat agar melahirkan generasi muda yang paham sejarah bangsanya dan tau bagaimana menjaga bangsanya,” pungkas Ahmad.

Baca Juga: Ada Penunjuk Jalan Hijau dan Cokelat, Ini Lho Bedanya


Reporter : Andika Fajar
Editor : Swara Mardika

Loading...