Ilustrasi Hari Buruh @Juproni Quotes
Ilustrasi Hari Buruh @Juproni Quotes

MALANGTODAY.NET – 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Di Indonesia, Hari Buruh ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 29 Juli 2013 silam.

Peringatan hari buruh selalu diidentikkan dengan demo besar-besaran oleh para buruh. Mereka melakukan demo menuntut kesejahteraan hidup mereka. Namun, siapa sajakah yang dapat dikatakan adalah sebagai buruh? Apakah karyawan juga termasuk buruh?

Jika berpedoman pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), buruh diartikan sebagai orang yang bekerja pada orang lain untu mendapatkan upah. Buruh/bu·ruh/ n orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah; pekerja: — pelabuhan; — tambang.

Kemudian menurut Pasal 1 angka 3 Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, buruh adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain.

Sementara itu, KBBI mengartikan karyawan sebagai orang yang bekerja pada suatu lembaga (kantor, perusahaan, dan sebagainya) dengan mendapat gaji (upah); pegawai; pekerja.

Sekilas, buruh dan karyawan terlihat sama saja bukan? Meski demikian, masyarakat Indonesia sering mengartikan buruh sebagai pekerja rendahan yang menggunakan otot dalam bekerja. Sedangkan karyawan adalah sebutan untuk pekerja yang lebih tinggi dan bekerja menggunakan otak.

Lalu, kenapa sebutan keduanya dibedakan? Padahal pada hakikatnya kedua kata ini memiliki arti yang sama. Ternyata hal ini tidak terlepas dari sejarahnya sendiri.

Dilansir dari Antara Kaltim (23/1/2014), salah satunya terdapat politik pecah belah yang terjadi dalam organisasi serikat buruh di Indonesia. Disebutkan, ada beberapa buruh yang enggan menyebutkan dirinya adalah buruh. Mereka menyebut dirinya sebagai pekerja atau karyawan.

Hal ini kemudian dipandang sebagai sesuatu yang berdampak besar. Jika para buruh ini bersatu maka bukan tidak mungkin kebijakan negara akan lebih mudah diproyeksikan. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.