Gus Ipul Belajar Memasak @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengisi waktu luangnya dengan belajar memasak. Tidak tanggung-tanggung, Wagub belajar menu Jepang dari Chef asal Kota Kanazawa, Masato Tsuki di kediaman Konsulat Jenderal Jepang, Yoshiharu Kato.

Kata Gus Ipul, demikian akrab dipanggil, kegiatan memasak merupakan gaya hidup di era modern. Ia mengaku senang apalagi bisa menyajikan menu masakan khas Jepang dengan tangannya sendiri.

“Saya memasak Tempura khas Jepang, ya seneng. Meskipun saya nggak begitu bisa masak, tapi anak saya yang suka masak, mungkin bisa berinovasi,” kata Gus Ipul di kediaman Konsulat Jenderal Jepang, Jalan Dharmawangsa, Surabaya, Jum’at (17/02).

“Dulu orang tua saya juga suka masak tapi anaknya (saya) nggak bisa masak, bisanya cuma disiapkan dan tinggal makan. Eh sekarang nurun ke anak saya,” kata Gus Ipul.

Selain itu, Gus Ipul juga belajar masak Ehomaki, yakni makanan semacam susshi yang menjadi kesukaan para Dewa. Masakannya terbuat dari bahan yang dipercaya membawa keberuntungan. Bahan itu antara lain shiitake, kanpyo, timun, tamagoyaki telur gulung, belut, sakura dembu bubuk ikan yang digulung dengan nasi khas Jepang dan nori atau rumput laut kering.

‪Sementara itu, Konsulat Jenderal Jepang mengatakan acaranya bertemakan Japan Weeks 2017 semakin meriah dengan kehadiran sejumlah pejabat termasuk Gus Ipul. Apalagi menu masakan biasanya disajikan pada acara kenegaraan atau jelang ganti musim di Jepang.

‪”Makanan ini baru pertama kalinya saya sajikan dan pertunjukkan secara langsung di depan orang Indonesia, makanan ini memiliki makna jika memakannya hampir sama seperti sushi bentuknya namun ini beda isinya ada 7 makanan kesukaan dewa,” ungkap Yoshiharu Kato.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here