Ilustrasi @kabarjatim
Ilustrasi @kabarjatim

MALANGTODAY.NET – Gempa mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan kekuatan magnitudo 6,9 dan berpotensi tsunami. Warga didekat titik gempa, tepatnya di Kabupaten Banggai, diimbau untuk mengungsi.

“Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Banggai telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat bahwa measyarakat di Kecamatan Tolili diminta untuk mengungsi,” ucap Kapusdatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, seperti dilansir dari Detiknews, Jumat (12/4/2019).

Sutopo menjelaskan bahwa Kecamatan Toili merupakan daerah yang paling terdampak gempa. Potensi tsunami juga diprediksi di lokasi tersebut. “Gempa terasa kuat di Banggai. Daerah yang berpotensi tsunami adalah Kecamatan tolili,” lanjutnya.

Sutopo melanjutkan bahwa gempa juga kuat dirasakan di Palu, Kabupaten Luwu Timur, dan Kabupaten Morowali.

“Gempa terasa kuat di Kota Palu selama 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah. Di Luwu Timur terasa selama 4 detik. Gempa berpotensi tsunami juga di Kabupaten Morowali (belum bisa dikontak),” ujarnya.

BMKG pun menyatakan bahwa gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan waspada.

Berdasarkan informasi dari situs BMKG, pusat gempa berada di 85 kilometer arah Barat Daya dari Banggai, Sulteng. Pusat gempa berada di koordinat 1,90 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur. Gempa berlokasi di laut dengan kedalaman 10 km, terjadi pukul 18.40 WIB. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.